5 Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

5 Air Terjun Paling Unik Di DuniaAir terjun adalah suatu bentuk fenomena geologi menakjubkan di muka bumi. Air di dataran tinggi mengalir melalui sela-sela bebatuan, tanah, atau sungai, di mana arusnya ikut mengikis bebatuan dan tanah yang dilaluinya hingga terciptalah celah tempat mengalirnya air terjun. Di berbagai belahan dunia banyak terdapat air terjun alami yang menakjubkan. Di antaranya yang paling terkenal adalah Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Seriakt dan Kanada, Air Terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, serta Air Terjun Angel di Venezuela.

Ketiga air terjun ini dielu-elukan sebagai air terjun terbesar dan tertinggi di dunia, dengan arus derasnya yang menakjubkan sekaligus membahayakan. Walaupun begitu, di negara-negara lain masih ada sederet air terjun yang meskipun tidak sebesar Niagara dan Victoria, namun menyimpan keunikan tiada duanya seperti air terjun yang menyimpan bara api abadi. Salah satunya bahkan berada di Indonesia.

Berikut adalah 5 Air Terjun Paling Unik Di Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Air Terjun Mursala, Indonesia


Air Terjun Mursala merupakan sebuah objek wisata di Mursala, pulau yang terletak di antara Sumatera dan Pulau Nias. Air terjun ini menyimpan keunikan tersendiri karena aliran airnya tidak jatuh ke sungai atau kolam, tetapi langsung mengarah ke laut biru.

Tebing granit berwarna kemerahan tempatnya mengalir pun berbentuk melandai seperti kemiringan bukit, tak seperti umumnya tebing air terjun yang memiliki kemiringan hampir 180 derajat. Dilaporkan situs Top Indonesia Holiday, fenomena geologi seperti ini memang langka. Di Indonesia sendiri hanya ada dua air terjun seperti ini. Selain Mursala yang jadi kebanggaan Tapanuli, ada pula Air Terjun Kahatola di Maluku.


2. Izvorul Bigar, Romania


Izvorul Bigar merupakan salah satu air terjun paling indah di Romania sekaligus salah satu air terjun paling unik di dunia. Menurut Wikipedia air terjun ini terletak di barat daya perbatasan Romania, tepatnya di Taman Nasional Cheile Nerei-Beusnisa yang menghuni bagian selatan Pegunungan Anina, Caras-Severin County.

Keistimewaan Izvorul Bigar adalah pola curahan airnya yang tidak biasa, menyebar dan jatuh dalam tetesan-tetesan kecil serupa hujan gerimis. Air Izvorul Bigar berasal dari sungai musim semi yang bersumber dari gua di atas bukit, kemudian mengalir sampai ke tebing Izvorul Bigar setinggi 8 meter yang ditutupi lapisan lumut hijau sebelum akhirnya jatuh dan bergabung dengan aliran Sungai Minis di bawahnya.


3. Air Terjun Plitvice, Kroasia


Danau Plitvice merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia yang menjadi bagian dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera atau dalam bahasa Indonesia Taman Nasional Danau Plitvice. Di danau ini terdapat belasan air terjun yang mengalir di sela-sela tebing terjal berlapis lumut dan tumbuhan hijau.

Dilansir Lonely planet, belasan air terjun kecil di Plitvice berakhir di danau-danau jernih sewarna batu turqoise (pirus) yang merupakan pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. Danau-danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.


4. Eternal Flame Falls, Amerika Serikat


Nama air terjun unik ini adalah Eternal Flame Falls alias Air Terjun Bara Api Abadi. Sesuai dengan namanya, di balik aliran air terjun cantik ini tersimpan bara api kecil. Bara sebesar api lilin ini terjadi karena adanya fenomena yang memicu kebocoran gas alam di bawah air terjun.

Api ini sebetulnya tidak benar-benar abadi. Meskipun ia bisa menyala dalam waktu yang lama, bara api di balik aliran air terjun ini bisa padam, kok. Hanya saja biasanya ada saja pengunjung yang berinisiatif untuk menyalakannya lagi. Walaupun begitu api yang menyala di dekat air terjun tetap merupakan fenomena yang tak mudah dijumpai.


5. Air Terjun Asik-Asik, Filipina


Asik-asik adalah nama sebuah air terjun menakjubkan yang ada di Filipina, tepatnya di Alamada, Cotabato Utara. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah airnya yang tidak mengalir dari sungai dataran tinggi, tetapi menyembur dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau.

Jadi jika dilihat sekilas tampak seolah-olah air terjun keluar secara ajaib dari celah-celah tumbuhan. Dilaporkan situs Holiday Hometimes, air Asik-Asik terkenal jernih dan mempunyai khasiat penyembuhan. Karena itu banyak pengunjung yang meminumnya tanpa dimasak terlebih dahulu.


[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar