Mengenal Ornamen dalam Arsitektur Islam

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Ajaran Islam melarang penggambaran figuratif manusia dan hewan. Pasalnya, hal itu dikhawatirkan dapat mengarah pada penyembahan berhala.

Akan tetapi pelarangan itu tidak membuat para perupa muslim kehabisan akal untuk menghias rumah dan masjid. Mereka pun mengekspresikan seni rupa dalam bentuk-bentuk ornamen khas seperti kaligrafi, geometris, dan arabesk yang tak kalah indah.

Kaligrafi


Kaligrafi Islam atau kaligrafi Arab merupakan seni tulisan tangan indah yang berkembang di negara-negara dengan warisan budaya Islam. Tulisan-tulisan yang dibuat dalam kaligrafi umumnya menyitir ayat-ayat Al-Quran dan dijadikan salah satu sarana untuk melestarikan Al-Quran.

Kaligrafi Islam memiliki beberapa gaya (khat) yang mempunyai bentuk yang khas, antara lain Khat Naskh, Khufii, Tsuluts, Diwani, Farisi, dan Riq’ah. Selain dipakai menghias dinding dan langit-langit masjid, kaligrafi juga digunakan sebagai penghias halaman-halaman buku.

Hiasan Geometris


Motif geometris populer dalam dunia seni Islam dan dipakai untuk mendekorasi berbagai media, seperti dinding, lantai, langit-langit, vas bunga, lampu, buku, dan tekstil.

Pola-pola geometris yang digunakan umumnya berbentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan segi enam. Perpaduan pola-pola geometris ini mampu menghasilkan hiasan yang indah dan khas.

Arabesk


Arabesk (arabesque) adalah gambar atau ukiran yang bermotifkan sulur, daun, cabang, atau pohon. Bentuk ornamen tumbuhan yang geometris dan terukur ini terlihat menarik dengan nuansa modern kontemporer.

Seniman muslim mengembangkan seni arabesk dari budaya era Bizantium. Dalam penerapannya, bentuk arabesk bisa dikombinasikan dengan kaligrafi dan ornamen geometris.

[sumber][LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
4 Comments

4 comments:

belajar bahasa inggris mengatakan...

Baru tahu kalau motif yang seperti nomor 3 itu bernama areabesk. Seni kaligrafi memang indah, tidak ada habisnya rasanya motif desain yang dibuat. hehe

dimas aai mengatakan...

yang saya tahu cuman kaligrafi, wah indah banget.

Dedy (Anda Tahu?) mengatakan...

keren2 banget... motif kaligrafi begitu indah bgt.

Muhamad Noor mengatakan...

saya percaya bahwa semua ciptaan Tuhan sangat sempurna :)

blog walking :D hehehe kereen nih blog ,,, Succes!

Posting Komentar