Perbandingan Desain iOS 7 dengan Android Jelly Bean

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/iso7460.jpg
Apple baru saja memamerkan desain baru iOS 7 yang konon lebih canggih, lebih berwarna dan lebih elegan dibanding sebelumnya. Lalu seperti apa jika sistem operasi itu disandingkan dengan Android Jelly Bean?

iOS 7 memang belum dirilis secara resmi. Tapi dari berbagai screenshot yang dipaparkan pada ajang World Wide Developer Conference (WWDC) 2013, sudah cukup jelas menggambarkan seperti apa OS itu nantinya.

Ada banyak sekali perubahan yang ada pada iOS 7, tapi beberapa fungsinya justru sudah terlebih dahulu ada pada sistem operasi pesaingnya, Android Jelly Bean. Nah, untuk lebih jelasnya, blog Droid Life membandingkan tampilan keduanya. Berikut perbandingannya seperti dikutip detikiNET, Selasa (11/6/2013).

Command Center

http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/105522_commandcenter.jpg
Apple menyediakan fasilitas command center pada semua perangkat iOS, fungsi ini bisa diakses dengan melakukan swipe up dari bawah layar. Fitur ini semakin ditingkatkan pada iOS 7, di dalamnya terdapat fungsi untuk mengatifkan Airplane mode, WiFi, Bluetooth, Kamera, pemutar musik, pengaturan tingkat kecerahan, bahkan untuk menghidupkan lampu sorot.

Fitur tersebut bukanlah hal baru di Android, namun Google menambahkan panel baru bersamaan dengan kelahiran Android 4.2. Fitur ini bisa diakses dengan sentuhan dua jari ke arah bawah dari bar notifikasi, dan isinya kurang lebih sama dengan yang ditawarkan iOS 7.

Lock Screen Notifications
http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/105559_lockscreen.jpg
Pengguna Android Jelly Bean dimanjakan dengan fitur bernama Lock Screen Notifications, melalui fitur ini pengguna dapat mengakses email, pesan instan atau notifikasi apapun yang baru saja masuk tanpa membuka kunci ponsel.

Fitur itu pun kemudian diperkenalkan Apple melalui iOS 7. Fungsinya kurang lebih sama, pengguna bisa mengakses notifikasi tanpa perlu membuka kunci perangkat.

Namun setidaknya notifikasi Apple ini lebih detail, karena Apple membagi notifikasi dalam kategori di dalam tiga panel yang berbeda, Today, All, dan Missed. Sedangkan di Android hanya ada satu panel untuk semua hal itu.

Safari vs Chrome
http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/105638_safarivschrome.jpg
Browser andalan Apple, Safari, juga dipermak habis-habisan dalam iOS 7 ini. Sekarang browser tersebut mampu menampilkan window apa saja yang aktif dalam bentuk 3D, kemudian pengguna bisa melakukan scrolling untuk melihat semua tab yang terbuka.

Fungsi ini mungkin sudah bukan hal baru pada browser Google Chrome, hanya saja pada iOS 7 tampilannya dibuat lebih modern.

Multitasking
http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/105717_multitask.jpg
Konsep kerja multitaksing pada iOS 7 patut diacungkan jempol. Fungsi ini akan merekam aplikasi apa saja yang sering diakses oleh pengguna, dan aplikasi itulah yang nanti akan dibiarkan berjalan di belakang layar. Jadi bisa dikatakan multitasking di iOS 7 kini semakin cerdas.

Android memang belum sejauh itu. Namun melihat dari sisi antarmuka, daftar aplikasi yang berjalan di iOS 7 kini ditampilkan lengkap dan bukan cuma icon, mirip dengan yang ada pada Jelly Bean.

iTunes Radio vs Google Music
http://images.detik.com/content/2013/06/11/317/105801_itunesvsgooglemusic.jpg
iTunes Radio memang bukan sekadar pemutar musik. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mendengarkan stasiun radio kesayangan, dan membeli lagu favorit yang diinginkan.

Tapi lagi-lagi desain keduanya mirip. Tampilannya didominasi warna putih serta cover album yang dengan porsi besar. Tombol navigasi keduanya juga terlihat sama.

[sumber][LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
1 Comments

1 comments:

MizTia mengatakan...

keren.. belum kesampean buat beli :D .

Posting Komentar