Mungkinkah Frankenstein diciptakan?

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Mungkinkah Frankenstein diciptakan?

Siapa yang tidak mengetahui Frankenstein? Karakter ini merupakan buah pikiran dari Mary Shelley dalam sebuah novelnya pada tahun 1818. Mengingat kemajuan teknologi medis dan sains sekarang apakah Frankenstein dapat diciptakan?

Kemajuan teknologi sains kedokteran pada masa kini sangatlah maju. Teknologi transplantasi telah memungkinkan untuk memasang organ dari individu yang berbeda layaknya Frankenstein. Dengan pengetahuan akan jaringan, anggota tubuh dari individu dapat dipasangkan pada individu lain.

Seperti Anda ketahui, Frankenstein sendiri merupakan monster yang terdiri dari beberapa organ dari mayat individu yang berbeda. Kriteria tersebut dapat dipenuhi oleh tingkat pengetahuan manusia pada masa kini. Namun yang menjadi kunci adalah mampukah mayat tersebut dibangkitkan kembali?

Pada novel Frankenstein, monster tersebut dibangkitkan dengan cara diberi aliran listrik yang sangat tinggi. Hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa tubuh manusia memang memiliki aliran listrik.

Tetapi tubuh manusia tidak sesederhana itu.Tubuh manusia tidak sepenuhnya bekerja karena listrik namun lebih ke energi kimia. Semua proses pada tubuh manusia dapat bekerja karena keberadaaan enzim. Impulse listrik hanya digunakan sebagai penyampai pesan dari otak menuju organ.

Listrik memang dapat digunakan untuk membangkitkan orang 'mati'. Namun hal itu hanya berlaku pada orang yang jantungnya berhenti berkontraksi karena adanya gangguan. Listrik dapat digunakan untuk membantu agar otot jantung berdetak dan beresonansi kembali namun hal itu harus dilakukan dengan cepat. Jika tak ada reaksi setelah diberikan kejutan listrik setelah beberapa saat maka kematian tak terhindarkan.

Sedangkan pada mayat (khususnya yang mulai decompose), pemberian listrik menjadi tak berguna karena mereka tak lagi mampu menghasilkan enzim. Hal ini karena DNA yang menjadi penghasil dan pengontrol enzim tak lagi ada. DNA makhluk terurai menjadi pecahan kecil ketika kematian datang. Hal ini karena mereka tak lagi mendapat pasokan energi yang dibutuhkan untuk membuatnya bertahan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa membuat sosok Frankenstein menjadi nyata adalah hal yang mustahil.

Source: Dikumpulkan dari berbagai sumber[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
2 Comments

2 comments:

abinovic mengatakan...

menurut ane itu masih mungkin gan, apalagi manusia sekarang rasa ingin taunya gede banget

Underwater Hockey mengatakan...

Ya gak mungkin lah, ruhnya dapet darimana?

Posting Komentar