Sepak bola, olahraga pengontrol tekanan darah tinggi

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Sepak bola, olahraga pengontrol tekanan darah tinggi

Kabar baik bagi para pria yang gemar menghabiskan waktu akhir pekan mereka untuk bermain sepak bola. Sebab peneliti menyebutkan bahwa sepak bola adalah olahraga yang efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail (16/10), sepak bola tepatnya baik bagi tekanan darah. Sehingga para pria yang rajin bermain sepak bola akan menurunkan risiko stroke.

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari Universities of Exeter and Copenhagen, dan Gentofte University Hospital di Denmark.

Para peneliti selama ini mengamati latihan sepak bola selama enam bulan berturut-turut. Mereka lantas menemukan tiga dari empat pria yang rutin bermain sepak bola memiliki tekanan darah yang normal.

Selain tekanan darah, asupan oksigen maksimal dan lemak tubuh juga dipantau oleh peneliti. Mereka pun membuktikan bahwa sepak bola memang paling efektif mengontrol berbagai masalah kesehatan tubuh tersebut.

"Sudah terbukti, sepak bola cocok dilakukan pria paruh baya yang menderita hipertensi. Sebab dengan bermain sepak bola, tekanan darah akan menurun, tubuh lebih bugar, dan lemak banyak terbakar," terang kepala peneliti Profesor Peter Krustrup.

Selain itu, peneliti mengatakan kalau sepak bola tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup dua jam saja dalam seminggu secara teratur. Rutin bermain sepak bola juga akan memberi manfaat lebih bagi para pria. Misalnya melakukan aktivitas fisik sehari-hari seperti bersepeda, naik tangga, berbelanja, dan yang lain.

"Meskipun sudah banyak penelitian tentang manfaat sepak bola, ini adalah bukti pertama kalau olahraga tersebut memang bisa mencegah penyakit kardiovaskular bagi pria penderita hipertensi," kata Profesor Krustrup lagi.

Peneliti kemudian melaporkan hasil studi mereka dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise.[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar