Peneliti berhasil ciptakan kentang kaya carotenoid

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Peneliti berhasil ciptakan kentang kaya carotenoid

Sebuah kentang biasanya mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, besi, dan vitamin lainnya. Namun baru-baru ini peneliti memperkenalkan sebuah produk kentang yang kaya akan carotenoid.

Seperti yang dilansir dari Science Daily (24/10), peneliti dari US Department of Agriculture (USDA) menyebutkan kentang ciptaan mereka lebih tinggi kandungan carotenoidnya. Bahkan jika dibandingkan dengan varietas kentang berdaging kuning, Yukon Gold, kentang tersebut masih lebih bernutrisi.

Ahli genetik tanaman, Kathy Haynes, bersama timnya menemukan kentang liar yang dagingnya berwarna kuning. Kentang tersebut kabarnya 23 kali lebih banyak mengandung carotenoid daripada kentang berdaging putih.

Cara peneliti menemukan kentang tersebut adalah dengan mengawinkan beberapa jenis kentang liar. Akhirnya, kentang kaya carotenoid berhasil diciptakan.

Pada tahun 2007, Haynes dan tim peneliti sebenarnya pernah memperkenalkan kentang bernama Peter Wilcox yang mereka kembangkan. Warna kulit kentang itu ungu, berdaging kuning, dan cukup populer di pasaran.

Carotenoid sendiri sebenarnya merupakan zat yang menyebabkan warna pada buah dan sayuran. Fungsi utamanya adalah sebagai agen antioksidan dan baik bagi kesehatan tubuh.

Sementara itu, beberapa jenis carotenoid yang ada pada kentang ciptaan peneliti di antaranya adalah eoxanthin, antheraxanthin, violaxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin sangat baik menjaga kesehatan mata, termasuk penuaan organ penglihatan dan mencegah katarak.[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar