Olahraga kuatkan sel imun pelawan kanker

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Olahraga kuatkan sel imun pelawan kanker

Peneliti di University of Nebraska menemukan bahwa penderita kanker yang melakukan olahraga beberapa minggu setelah menjalani kemoterapi mampu bertahan hidup dan sembuh.

"Tampaknya, olahraga membuat sistem kekebalan tubuh berkembang menjadi lebih efektif untuk melawan kanker," jelas peneliti, seperti dilansir oleh NY Daily News (12/10).

Ketua peneliti, Laura Bilek, dan rekannya menganalisa sel T pada darah 16 pasien kanker sebelum dan sesudah program olahraga selama 12 minggu. Mereka menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh pasien berkembang dan berubah menjadi bentuk yang lebih efektif untuk melawan kanker dan infeksi.

Padahal penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa setelah menjalani kemoterapi sel T dalam tubuh menjadi tidak efektif untuk melawan penyakit.

"Kami menemukan bahwa dengan berolahraga, Anda akan membuang sel T yang tidak berguna dan membentuk sel T yang efektif melawan kanker," jelas Bilek.

Olahraga memiliki manfaat besar, misalkan menurunkan risiko terkena kanker dan meningkatkan kemungkinan bertahan dan sembuh setelah menjalani kemoterapi.[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar