LAPAN: Fenomena Hujan Bintang 1 Oktober hanya Advetorial

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Fenomena hujan bintang yang ramai disiarkan di dunia maya ditanggapi sebagai berita hoax oleh peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Fenomena itu sengaja disebarkan sebagai advetorial maya.

Demikian diungkap peneliti Astronomi dan Astrofisika LAPAN Emanuel Sugging Mumpuni. "Kemungkinan untuk keperluan publikasi film atau sejenisnya. Seperti film 2012 yang tayang tiga tahun lalu juga ada selentingan mengenai aktivitas tidak normal matahari, ya semacam itulah," ujar Sugging kepada Media Indonesia, Minggu (30/9).

Ia menegaskan tidak ada aktivitas astronomi yang signifikan belakangan ini. "Yang jelas bukan fenomena astronomi karena juga tidak ada peristiwa signifikan terjadi saat ini," tutur Sugging.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Kepala Pusat Science Antariksa LAPAN, Clara Yono Yatini. Clara bahkan bingung dengan istilah fenomena 'hujan bintang' akan terjadi di seluruh Indonesia pada 1 Oktober 2012 mendatang. "Maksudnya itu hujan bintang atau hujan metor. Ini dua hal yang sangat berbeda," ujar Clara.

"Kalau yang dimaksud hujan bintang, ya tidak mungkin terjadi sekarang-sekarang ini. Tapi kalau hujan meteor mungkin saja terjadi setiap saat," tegasnya.

Pernyata senada ditegaskan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan, Thomas Djamaluddin. "Itu kan hanya advetorial," ujarnya.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
1 Comments

1 comments:

Herman Bagus mengatakan...

hmmmm

Posting Komentar