Buruh di Gedung Sate "Dikepung" TNI dan Polisi

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Buruh di Gedung Sate "Dikepung" TNI dan Polisi

Bandung - Aksi mogok nasional para buruh di depan Gedung Sate Bandung, Rabu 3 Oktober 2012, terlihat agak berbeda. Pasalnya, 3.000 massa buruh itu tampak seperti dikepung oleh ratusan prajurit TNI bersenjata lengkap.

Lokasi aksi buruh Bandung yang berada di tengah-tengah antara gerbang depan dan Gedung Sate, membuat mereka “dikepung” ratusan prajurit TNI dari arah Lapangan Gasibu, dan ribuan aparat kepolisian dari halaman Gedung Sate.

Aksi mogok buruh di Gedung Sate yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB itu memang dijaga ketat aparat kepolisian. Namun prajurit TNI bersenjata yang juga ada di sana tidak bermaksud ikut mengamankan demonstrasi buruh tersebut.

Ratusan prajurit TNI itu punya keperluan berbeda, yaitu melakukan upacara gladi bersih menyambut Hari Ulang Tahun TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2012. “Rekan dari TNI tak ada kaitannya dengan aksi buruh di Gedung Sate Bandung,” kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rahman Baso.

Andul yang memimpin pengamanan demo buruh menegaskan, tak ada sama sekali keterlibatan TNI dalam mengamankan aksi buruh. Dalam aksi itu, para buruh melakukan orasi, bahkan berjoget diiringi musik dangdut sembari menunggu massa buruh lainnya yang masih terjebak macet di jalan.

Ribuan buruh itu menuntut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan turun menemui mereka guna mendengar aspirasi buruh. “Kami meminta Gubernur Jabar menghapus sistem kontrak, mencabut BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), serta mendukung upah layak bagi buruh Jawa Barat,” ujar perwakilan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cimahi, Rio.

Massa buruh mengancam akan menginap di depan Gedung Sate jika Gubernur Jabar tidak mau keluar menemui buruh. “Kami akan bertahan jika pejabat Pemprov Jabar, khususnya Gubernur, tidak menemui kami,” ujar Rio.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar