Baz, Karakter Muslim dari DC Comics

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Baz, Karakter Muslim dari DC Comics

Ini adalah karakter terbaru dari DC Comics. Pahlawan Amerika keturunan Arab yang bergabung bersama pasukan Green Lantern. Pahlawan ini adalah karakter yang lahir dan besar di Detroit, Michigan, namun berasal dari keluarga Muslim berdarah Lebanon.

Wilayah Detroit, selain merupakan tempat asal perusahaan otomotif Ford Motor, juga merupakan wilayah terbanyak dengan imigran asal Lebanon dan negara Arab lainnya. Imigran asal Arab di Detroit datang saat booming industri otomotif terjadi di Amerika pada awal abad 20 meski saat ini kondisinya jauh berbeda.

Sang pencipta, Geoff Johns, yang juga tumbuh di daerah tersebut sengaja menciptakan karakter yang berasal dari kampung halamannya. “Di Dear born, Michigan, semuanya ada. Dari penduduk yang multietnis sampai pabrik mobil yang tutup,” ujarnya.

Karakter Simon Baz yang dilukiskan berusia awal 20-an ini juga menggambarkan realita di wilayah tersebut. Ia adalah teknisi otomotif yang kehilangan pekerjaannya dan berakhir sebagai pencuri mobil untuk menyambung hidup.

Johns berargumen, karakter ini memang lain dari karakter yang biasa muncul di DC Comics yang ratarata diciptakan pada dekade 50-an dan 60-an. “Seorang pencuri mobil memang sepertinya tidak cocok menjadi bagian dari pasukan Green Lantern, tapi nanti akan diungkapkan mengapa ia terpilih,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama ini tidak ada tokoh superhero Arab-Amerika yang menonjol di DC Comics. Johns pun meramu latar belakang Baz agar cocok dengan kisah superhero. “Ia dipilih menjadi Green Lantern karena punya kemampuan mengatasi rasa takut. Dan, saya pikir itu adalah tema yang bagus untuk diangkat lewat karakter ini,” katanya.

Cerita baru bertokoh Muslim itu dimulai dengan adegan Baz kecil yang menonton kejadian terbakarnya World Trade Center di televisi pada 11 Sep tember 2001. Setelah tumbuh dewasa, Baz yang punya catatan kriminal karena sering balapan ilegal men jadi pencuri mobil setelah kehilangan pekerjaannya.

Akibatnya, dia sempat dikejar-kejar dalam investigasi terorisme. Tapi, rupanya Baz “terpilih” untuk mendapatkan cincin yang memberinya kekuatan super dan bergabung dalam Green Lantern. Seri komik Green Lantern yang tokoh utamanya adalah Baz akan dirilis pada Oktober 2012.

Green Lantern #0 adalah bagian dari seri koleksi yang menampilkan back story dari tokoh-tokoh DC Comics yang terkenal dan akan dirilis mulai September 2012. Baz akan menjadi fokus cerita dari beberapa komik, kata John. Tetapi, dia menolak mengungkapkan berapa lama karakter Baz akan ditampilkan.

Tokoh Baz diperkenalkan setelah DC Comics meluncurkan tokoh Green Lantern gay pada Juni. Dan, Marvel Comics menciptakan tokoh berkulit setengah hitam setengah latin di Spider Man tahun lalu.

“Dalam komik, kebanyakan tokohnya tampan berkulit putih, itu saja. Namun, itu tidak mewakili dunia tempat kita hidup saat ini. Dan, komik-komik saat ini sedang mencerminkan hal tersebut,” kata Thor Parker, social marketing dan event director di Midtown Comics New York seperti dilansir Reuters.

Sebagian besar penggemar komik pasti mengetahui bahwa alter ego dari Green Lantern adalah Hal Jordan, lelaki Kaukasia penakluk hati wanita yang diperankan Ryan Reynolds pada 2011. Tapi, dalam Green Lantern #0, Baz yang menjadi tokoh utama. Green Lantern versi asli diperkenalkan pada 1940 dengan karakter bernama Alan Scott. DC menghidupkan kembali Green Lantern pada 1959 dengan tokoh utama bernama Jordan.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar