Banyak Orang Salah Menyikat Gigi

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :



Riset Kesehatan Dasar 2007 menyebutkan, 91,1 persen penduduk Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari. Namun, hanya 7,3 persen yang menyikat gigi secara benar, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur.

"Sebagian besar masyarakat menyikat gigi pada waktu mandi," kata Ratu Mirah Afifah, Professional Relationship Manager Oral Care, Unilever Indonesia, Rabu (5/9/2012) di Jakarta.

Kondisi ini menuntut edukasi tentang tata cara menyikat gigi yang benar secara terus-menerus karena mengubah perilaku bukan hal mudah.

Mereka yang menerapkan cara menyikat gigi yang benar umumnya berasal dari kelompok ekonomi menengah atas dan tinggal di perkotaan. Cara ini lebih banyak dilakukan kelompok usia muda dan perempuan lebih telaten melakukannya dibandingkan laki-laki.

Kelirunya cara menggosok gigi berbuntut panjang. Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung Eky S Soeria Soemantri mengatakan, dari 40.000 peserta Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011, sebanyak 93,94 persen di antaranya membutuhkan perawatan gigi.

Jenis perawatan yang dibutuhkan terdiri atas pembersihan karang gigi (29 persen), penambalan gigi (22 persen), dan pencabutan gigi (17 persen). Sisanya, hanya perlu minum obat-obatan.

Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia Zaura Rini Anggraeni mengingatkan, meski menyikat gigi sudah benar, potensi kerusakan gigi tetap ada. Karena itu, perlu memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

"Ini untuk mendeteksi lebih dini kerusakan gigi yang mungkin timbul," katanya.

Selain menyikat gigi dua kali sehari sesudah sarapan dan sebelum tidur, teknik menyikat gigi yang benar juga perlu diperhatikan. Sikat gigi harus menjangkau seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi. Pilih sikat gigi dengan bulu lembut, pasta gigi yang mengandung fluoride, dan bila perlu menggunakan obat kumur seminggu sekali untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

Menjaga kesehatan gigi juga dapat dilakukan dengan mengurangi makanan manis dan makanan yang bisa berfermentasi menjadi asam, seperti susu serta makanan bertepung karena sisanya mudah melekat pada gigi.

Konsumsi buah dan sayur, seperti apel, wortel, dan seledri dapat membantu membersihkan gigi. Hasilnya akan lebih maksimal jika konsumsi anggur merah, kopi, dan teh juga dibatasi serta berhenti merokok.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar