Wapres Irak Dijatuhi Hukuman Mati

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :


BAGHDAD - Wakil Presiden Irak yang melarikan diri, Tareq al-Hashemi, dijatuhi hukuman mati oleh satu pengadilan Irak, Minggu (9/9), setelah ia dinyatakan terbukti terlibat dalam pembunuhan seorang pengacara dan seorang brigadir jenderal.

Hashemi, yang diadili in absentia,  meninggalkan negerinya awal tahun ini setelah pihak-pihak berwenang menuduh dia menjalankan satu tim untuk melakukan pembunuhan. Kasusnya memicu krisis dalam pemerintahan yang beranggota blok-blok Sunni, Syiah dan Kurdi.

"Pengadilan tinggi bidang kejahatan menjatuhkan hukuman mati dengan cara digantung terhadap Tareq al-Hashemi setelah ia terbukti bersalah," kata juru bicara pengadilan Abdul Sattar al-Birqdar.

Hashemi dan menantunya Ahmed Qahtan dinyatakan bersalah atas dua pembunuhan. Sekretaris Hashemi juga diadili in absentia dan dijatuhi hukuman mati.

Sejak tentara Amerika meninggalkan Irak Desember lalu, pemerintahan yang dipimpin Nuri al-Maliki dari kubu Syiah telah berjalan tak mulus karena sering menemui jalan buntu politik. Ketegangan politik sering ditandai oleh pembunuhan berlatar belakang sektarian yang menarik Irak ke tepi jurang perang saudara pada 2006-2007.

Pengeboman dan serangan di seantero Irak menewaskan sedikitnya 58 orang hari Minggu, termasuk pengeboman di luar kantor konsulat Perancis di kota Nassiriya, Irak Selatan.

Hashemi yang berada di Turki sejak April telah menyangkal semua dakwaan atas dirinya dan tuduhan itu bermotif politik. Dia telah menuduh Maliki melakukan tindakan politik terhadap penentangnya dari Sunni tetapi pemerintah menyatakan hal itu merupakan kasus hukum.

Setelah kejatuhan diktator Saddam Hussein dan naiknya kubu Syiah yang mayoritas di Irak ke tampuk kekuasaan, banyak warga Sunni Irak merasa dipinggirkan. Para politisi Sunni mengatakan Maliki gagal memenuhi perjanjian untuk berbagai kekuasaan di pemerintahan di antara partai-partai.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
4 Comments

4 comments:

Icahbanjarmasin mengatakan...

Berita yang sangat menarik nih bang,sukses terus ya bang..hahhayyy

zyi share mengatakan...

NIce info,

Seklian agak perbanyak sob untuk picture sesuai dengan tema..
:D

ketagihan baca mengatakan...

Negara yg tegas... bagus

Ichwan hausgame mengatakan...

ngeri banget gan...

Posting Komentar