Tips Menghilangkan Kutu Rambut

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :



Jika Anda sering merasa gatal pada rambut, terutama di bagian dekat tengkuk atau belakang telinga, waspada dengan serangan kutu. Terlebih lagi jika menemukan bulatan putih yang lengket dan susah diambil, bisa jadi itu adalah telur kutu.

Mengapa Ada Kutu Rambut?

Ada pemahaman yang salah bahwa mereka yang jorok dan tidak memperhatikan kebersihan rambut akan kena kutu. Hal tersebut tidak benar, karena semua orang berpotensi terkena masalah kutu rambut. Bahkan bila Anda selalu merawat kebersihan rambut, Anda bisa kena melalui penularan dari orang lain, misalnya saja meminjam sisir teman, tidur berdekatan, dan yang paling mudah adalah penularan dari alat-alat salon. Hiii..

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu rambut, baik yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Potong Rambut:

Kutu rambut yang sudah terlanjur parah akan semakin sulit di atasi jika rambut Anda panjang. Karena itu, lebih baik Anda memotong pendek rambut, atau setidaknya sebahu.

Minta Bantuan Orang Lain:

Cara ini memang paling kuno, tetapi ampuh untuk mengangkat kutu rambut. Minta seseorang untuk memilah rambut dan mengambil kutu rambut atau telur kutu yang terlihat. Biasanya kutu sering berada di rambut dekat tengkuk atau belakang telinga.

Sisir Bergigi Rapat:

Ada sisir khusus yang bisa mengangkat kutu dari rambut. Sisir ini bergigi sangat rapat atau biasa disebut serit. Dapat Anda beli di berbagai toko peralatan rambut di pasar-pasar tradisional. Cara memakainya sama dengan sisir pada umumnya. Pilah rambut, lalu sisir dari akar rambut dekat kulit kepala, lalu sisir tanpa putus hingga ujung rambut. Kutu akan ikut tersisir dan jatuh (karena itu lebih baik jika rambut Anda pendek). Lakukan ini berkali-kali. Sayangnya cara ini tidak bisa mengangkat telur kutu yang lengket.

Cara Alami:

Minyak Kayu Putih + Jeruk Nipis:Campur minyak kayu putih dengan air jeruk nipis dengan perbandingan yang sama. Lalu usapkan pada rambut hingga basah. Pijat kulit kepala seperti keramas hingga rata lalu diamkan beberapa saat. Tutup rambut dan kulit kepala dengan topi mandi dan diamkan selama satu jam. Kemudian keramas seperti biasa. Anda bisa menyisir rambut dengan serit setelah keramas. Lakukan beberapa kali hingga kutu bersih dari kepala.

Cuka Putih:Telur kutu yang lengket dapat diangkat dengan cuka. Caranya, basahi kepala dan rambut dengan cuka, diamkan selama 30 menit lalu sisir rambut dengan serit. Telur yang lengket akan mudah diangkat. Keramaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali di hari berikutnya hingga telur kutu hilang dari rambut.

Shampo Khusus:

Beberapa produk shampo khusus kutu rambut (untuk manusia) bisa Anda pakai untuk membasmi kutu yang ada di kulit kepala. Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik. Shampo jenis ini biasanya hanya membasmi kutu rambut dewasa, sedangkan telur kutu masih bertahan hidup. Karena itu, lakukan pengulangan keramas memakai shampo khusus hingga masalah kutu teratasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar