Tips Aman Berbelanja Online Ala Norton

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

CHIP.co.id - Tips Aman Berbelanja Online Ala Norton

Internet telah mengubah hampir setiap aspek dari kehidupan kita, termasuk cara kita berbelanja. Toko online selalu tersedia, dan kita bisa membeli barang tanpa harus mengeluarkan biaya bahan bakar minyak, parkir dan tidak menghabiskan waktu. Anda bisa mendapatkan hampir apa pun yang diinginkan dari mana saja di dunia ini.

Menurut Survei Global Ipsos 2012, empat dari sepuluh pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Tercatat ada 40 juta pembeli online di Indonesia tahun lalu, dan diperkirakan akan ada 175 juta pembeli online tahun 2016.

Namun, transaksi online melibatkan beberapa hal yang paling sensitif seperti informasi pribadi dan keuangan yang dapat disalahgunakan oleh penjahat cyber. Norton Cyber Crime Report 2011 mengungkapkan bahwa lebih dari 1 juta orang dewasa di seluruh dunia telah menjadi korban cybercrime sehari-hari. Dengan kata lain, 7 dari 10 orang dewasa telah menjadi korban cybercrime dalam hidup mereka.

Phishing dan pharming adalah contoh di mana penjahat cyber menggunakan email palsu atau halaman Website untuk mengelabui orang agar membocorkan nomor rekening dan password. Begitu penjahat mendapatkan informasi ini , mereka dengan hanya beberapa klik saja bisa merampok rekening atau menyalahgunakan identitas Anda.

Risiko online utama adalah penggunaan keylogger yang dapat diinstal pada sistem  tanpa sepengetahuan Anda untuk menangkap semua yang anda ketik-baik itu nama pengguna, sandi, atau nomor rekening dan mengirimkan informasi tersebut kembali ke penjahat dunia maya.

Jadi, berikut adalah pertanyaan yang  perlu kita tanyakan sebelum melakukan belanja online. Apakah password saya dan nomor kartu kredit  saya aman ketika dimasukkan ke dunia maya? Dapatkah perangkat lunak keamanan saya mendeteksi dan menghapus crimeware? Bagaimana cara mengetahui email palsu dan website yang asli?

Jadilah Waspada, Skeptis & Cerdas
Sebagai pembeli, anda perlu menyadari akan bahaya dan tahu bahwa membuat satu keputusan yang buruk dapat menyebabkan banyak kerugian dan biaya jika tidak berhati- hati. Berikut beberapa tips yang perlu diingat selama Hari Raya Lebaran:
  • Gunakan kredit bukan debit - Jika kebetulan menjadi korban scam, perusahaan kartu kredit Anda mungkin bisa mengembalikan kerugian jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah menjadi korban. Dengan kartu debit, uang tersebut sudah hilang dan kecil kemungkinan uang dapat diganti.
  • Waspada terhadap email massal - Jika Anda membuat aturan umum untuk tidak membeli barang dari perusahaan yang mengirimkan spam, Anda telah menyelamatkan diri dari banyak masalah.
  • Berhati-hatilah terhadap website palsu - Pastikan itu sebuah website yang asli. Lihat apakah logo perusahaan tersebut terlihat berbeda. Apakah loga warnanya di off kan? Apakah dieja dengan benar? Apakah ada kesalahan tata bahasa dalam teks yang Anda baca? Pastikan Anda menginstal  Norton Safe Web. Aplikasi ini akan memperingatkan anda terhadap website yang tidak aman bahkan sebelum anda sampai pada website tersebut. Norton Safe Web akan memberitahu Google, Bing, dan mesin pencari Yahoo bahwa website yang hendak Anda kunjungi bukan sebuah website yang aman. Norton Safe Web juga akan memberitahu Anda tentang  situs penjualan online yang mencurigakan atau jika sebuah website yang telah didownload adalah website berbahaya.
  • Lindungi kegiatan jaringan sosial media Anda juga - Facebook memiliki jutaan pengguna dan ini berarti bahwa penjahat cyber terus-menerus mencari cara untuk menyusup ke jaringan tersebut untuk mencuri identitas orang dan informasi pribadi. Jika Anda memiliki akun di Facebook, pastikan untuk menginstal Norton Safe Web untuk Facebook.

[sumber][LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar