Teh hijau, baik bagi jantung sekaligus otak

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Teh hijau, baik bagi jantung sekaligus otak

Rutin minum teh hijau bukan cuma baik untuk jantung, tetapi juga berkhasiat bagi kesehatan otak, demikian menurut peneliti. Secara khusus, penelitian dari China menemukan senyawa dalam teh hijau rupanya ampuh meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran spasial seseorang.

"Sudah banyak penelitian tentang tentang teh hijau yang disebutkan mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Namun sekarang ada bukti baru kalau teh hijau juga baik untuk otak," terang kepala peneliti, Yun Bai dari Third Military Medical University, seperti yang dikutip dari Daily Mail (07/09).

Yun Bai dan tim peneliti fokus pada senyawa kimia EGCG di dalam teh hijau. Mereka kemudian menyatakan kemampuan fungsi kognitif dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

"Kami fokus pada penelitian tentang hippocampus, bagian otak yang bertugas melakukan proses informasi dari ingatan jangka pendek ke jangka panjang," tutur Yun Bai.

Para peneliti lantas menemukan EGCG mampu meningkatkan produksi sel saraf progenitor yang mirip sel batang dan mampu beradaptasi menjadi berbagai jenis sel. Setelah itu, peneliti langsung mengujicobakan penemuan mereka pada tikus laboratorium.

Hasilnya, peneliti berhasil membuktikan bahwa EGCG membuat tikus percobaan berhasil lebih cepat menemukan jalan keluar pada labirin. Secara keseluruhan, peneliti menyimpulkan EGCG memang mampu meningkatkan fungsi pembelajaran dan memori seseorang.

Penelitian mengenai khasiat teh hijau pada kemampuan otak ini pun telah dilaporkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

[sumber]
[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
1 Comments

1 comments:

Herman Bagus mengatakan...

Makasih sob infonya :)

Posting Komentar