Seperti Apa Kualitas Layar iPhone Baru?

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

iPhone 5 kemungkinan akan mencapai resolusi hingga 1136 x 640 pixel

CEO Apple Tim Cook saat memperkenalkan iPhone 4S

Ketajaman layar smartphone merupakan salah satu kunci untuk melihat kualitas gambar yang dihasilkan. Sejumlah smartphone yang muncul tahun ini sudah dilengkapi dengan resolusi HD. Lalu bagaimana dengan smartphone andalan Apple, iPhone?

Layar iPhone 4 atau 4S memiliki resolusi 960 x 640 pixel. Sedangkan perangkat terbaru iPhone 5 kemungkinan akan mencapai resolusi hingga 1136 x 640 pixel.

Tapi jika casing dapat diperluas dari 640 menjadi 720 piksel, ini memungkinkan iPhone menampilkan konten true HD tanpa banyak skala.

Presiden DisplayMate Technologies Corp, Dr Raymond Soneira berpikir
bahwa resolusi 1280 x 720 "true HD" akan jauh lebih baik. Karena ini akan
mengurangi siklus prosesor, dan dengan demikian akan memperpanjang daya tahan baterai.

"Resolusi itu 176 pixel vertikal lebih banyak, sehingga aplikasi yang sudah ada mengharapkan resolusi 960 x 640p akan terformat dalam Letterbox dengan 88 pixel batas hitam di bagian atas dan bawah. Tapi karena kami sudah menggunakan Letterbox, mengapa tidak meningkatkan basis 640 pixel hingga 720 pixel dan menambahkan perbatasan hitam 40 pixel di sana juga?," kata Soneira.

"Bahkan lebih baik, 720 piksel adalah true HD, yang tidak hanya keuntungan pemasaran utama tetapi sedikit membutuhkan daya prosesor dan baterai," ucapnya, seperti dilansir dari ZDNet.

Teknik Letterbox merupakan teknik yang memungkinkan film tetap dapat ditonton dalam format aslinya dalam layar televisi 4:3. Biasanya dengan teknik ini mengorbankan resolusi menjadi rendah.

Jika aspek rasio iPhone 5 meningkat dari 3:2 menjadi 16:9, maka bisa dipastikan bahwa iPhone akan mempertahankan 640 piksel horizontal yang sama dan menambahkan 176 piksel vertikal tambahan.

Lebar (width) 640 pixel juga lebih masuk akal dari perspektif perangkat lunak, karena mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi yang ada. Para pengembang yang memperbarui aplikasi mereka untuk iPhone 5 cukup menambahkan pixel tambahan pada satu sumbu saja, sehingga secara eksponensial lebih mudah.

Dalam post di situs DisplayMate, Soneira juga mengantisipasi prediksi pada spesifikasi lain dari layar iPhone 5. Ini termasuk prediksi kepadatan layar atau pixel per inch (yang diprediksi 326, atau paling rendah 286 ppi), pantulan (di bawah 5 persen), kontras (CRHAL atau rating kontrasnya 90, seperti Lumia 900), dan keseluruhan warna (100 persen standard RGB atau standar warna dasar)

Smartphone HD lainnya seperti Samsung Galaxy S III dan Galaxy Nexus memiliki resolusi 1280 x 720 pixel. Tapi keduanya berlayar PenTile
Matrix Super AMOLED yang tidak setajam panel RGB.  Sementara HTC, Samsung, dan Google akan mengklaim bahwa perangkat mereka memiliki
resolusi lebih. Tetapi iPhone 5 kemungkinan besar akan lebih tajam.

Namun pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana panel iPhone 5 akan dibandingkan dengan panel RGB baru yang dikabarkan dimiliki HTC One X+ dan layar 4,7 inci, 720p, dan panel Super LCD 2 pada HTC Zenith yang akan
segera hadir?

Ini yang perlu ditunggu. Bagaimana kompetisi layar 1136 x 640 di iPhone 5 akan bersaing dengan perangkat baru Android yang segera dirilis ke pasar.


[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar