Sejarah Kesuksesan YouTube dan Perkembangan Teknologinya

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Mungkin kalau bisa di katakan web apa lagi yang sangat populer saat ini, Yuotube merupakan salah satu jawaban yang akan keluar.
Pada tahun 2007 Youtube mencapai puncak kesuksesannya dalam persaingan bisnis di internet setelah mereka memiliki ribuan bahkan sampai jutaan member baik yang aktiv dan yang tidak aktic di seluruh dunia.


Semua pasti sangat familiar dengan situs yang satu ini www.youtube.com . YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Chad hurley dan Steve Chen

 
ketiga pendiri

YouTube didirikan bersama-sama oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang kesemuanya merupakan karyawan perintis paypai. Sebelum paypai, Hurley belajar desain di Universitas Indiana Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim belajar ilmu komputer bersama-sama di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Nama domain "YouTube.com" diaktifkan pada 15 Februari 2005, dan situs dibangun pada bulan-bulan yang berikut. Pencipta-penciptanya memberikan orang sebuah pratinjau pada situs mereka pada Mei 2005 dan enam bulan kemudian, YouTube muncul pertama kali secara resmi.

Serupa dengan banyak perusahaan teknologi yang baru, YouTube mulai sebagai sebuah usaha didanai di sebuah kantor yang kecil dan murah. 

 
kantor awal youtube

Pada November 2005, Sequoia Capital, perusahaan modal usaha dagang, investasi AS $ 3.5 juta; selain itu, Roelof Botha, rekanan perusahaan dan bekas CFO paypai, bergabung dewan direksi YouTube. Pada April 2006, Sequoia berinvestasi lagi US $ 8 juta dalam perusahaan itu yang telah mengalami Popularitas dan pertumbuhan yang pesat dalam hanya beberapa bulan pertama keberadaannya.

Pemilihan nama www.youtube.com mengakibatkan masalah bagi sebuah situs bernama mirip, www.Yutube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan gugatan terhadap YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara teratur yang diakibatkan oleh orang yang mencari situs YouTube.

Pada musim panas 2006, YouTube menjadi salah satu situs yang paling pesat pertumbuhannya dalam World Wide Web, dan ditempatkan oleh Alexa sebagai website yang kelima terpopular, yaitu jauh mengatasi ini pertumbuhan situs MySpace. Menurut sebuah tinjauan pada 16 Juli 2006, 100 juta klip ditonton di YouTube pada setiap hari, dengan sebanyak 65.000 video baru di-upload setiap 24 jam. Menurut Nielsen / NetRatings, Youtube dikunjungi oleh hampir 20 juta pengguna setiap bulan, dengan sekitar 44% penontonnya adalah wanita, dan 56% pria. Grup yang berumur antara 12 sampai 17 tahun merupakan penontonnya yang terutama. Keunggulan Youtube dalam pasar video online adalah sangat mengejutkan. Menurut situs Hitwise.com, YouTube menguasai 64% dari pasar video online di Inggris.

 Pada 9 Oktober 2006, Youtube mengumumkan bahwa ia akan diperoleh oleh Google pada harga AS $ 1.65 miliar dalam bentuk saham. Perjanjian pembelian antara Google dan YouTube datang setelah YouTube menandatangani tiga perjanjian dengan perusahaan-perusahaan media dalam satu percobaan untuk menghindari tuntutan pengadilan terhadap pelanggaran hak cipta. YouTube akan terus beroperasi secara independen, dan semua karyawan perusahaan dan pendiri-pendiri bersamanya akan terus bekerja di dalam perusahaan. Transaksi untuk memperoleh YouTube selesai pada 13 November, dan merupakan pembelian Google yang terbesar sejauh ini.

Pada November 2008, YouTube mencapai persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS yang memungkinkan ketiga perusahaan tersebut memuat film-film dan acara televisi penuh di situs YouTube, asalkan disertakan iklan, sebagai langkah menyaingi situs-situs video lainnya seperti Hulu, yang menampilkan bahan-bahan terbitan NBC, Fox, dan Disney.

Format video
Teknologi pemutar video YouTube berbasis Adobe Flash Player yang memungkinkan situs ini menampilkan video yang sebanding mutunya dengan teknologi-teknologi video ada (seperti Windows Media Player, QuickTime, dan RealPlayer) yang biasanya membutuhkan pengguna menginstal plugin browser untuk menonton videonya. plugin ini diperlukan untuk menonton video Flash, tetapi hasil survei Adobe Systems menemukan plugin Flash sudah diinstal dalam 95% komputer pribadi.

Video-video yang diunggah ke YouTube oleh pemegang rekening biasa terbatas kepada 15 menit panjangnya. Ketika YouTube diluncurkan pada tahun 2005, video lebih lama bisa di-upload, tetapi batas 10 menit dikenakan pada Maret 2006 setelah pihak YouTube menemukan banyak video yang melampaui panjang ini berbentuk cetak rompak film dan televisi. Account rekan (partner) diizinkan meng-upload video melebihi 10 menit asalkan diizinkan oleh YouTube. Batas sepuluh menit dinaikkan ke lima belas menit pada Juli 2010. Partner accounts are permitted to upload longer videos, subject to acceptance by YouTube. Ukuran File terbatas pada 2 GB untuk upload dari situs YouTube, dan 20 GB dari penggunaan Advanced Uploader yang berbasis Java.

YouTube menerima Upload video dalam kebanyakan format, termasuk. WMV,. AVI,. MKV,. MOV, MPEG,. MP4, DivX,. FLV, dan. OGG. YouTube juga mendukung 3GP, maka memungkinkan video di-upload langsung dari ponsel.

Kualitas video

 Awalnya, YouTube hanya menyiarkan video dalam satu format, tetapi kini ada dalam tiga format di samping juga format "mobil" untuk tontonan di ponsel. Format aslinya, yaitu mutu "biasa", menampilkan video berleraian 320x240 piksel dengan kodek Sorenson Spark dan audio MP3 mono.
Beginilah kebiasaan dalam streaming video ketika YouTube diluncurkan dahulu.

Video "bermutu tinggi" yang diperkenalkan pada Maret 2008, ditampilkan di leraian 864x480 piksel dengan suara AAC stereo. Format ini banyak menunjukkan peningkatan dibandingkan mutu biasa. Pada November 2008, dukungan HD 720p diperkenalkan. Pada masa yang sama, pemain YouTube diluaskan rasio aspeknya dari 4:3 ke layar lebar 16:9. Video 720p berleraian 1280x720 piksel dan disesuaikan dengan kodek video H.264 dengan audio stereo AAC. Pada November 2009, dukungan HD 1080p diperkenalkan pula, pada leraian 1920x1080 piksel.

 Video 3D
Dalam video yang di-upload pada 21 Juli 2009, insinyur perangkat lunak YouTube Peter Bradshaw mengumumkan bahwa para pengguna YouTube dapat mengupload video 3D. Video 3D ini bisa ditonton seperti video biasa, atau merasakan efek 3D dengan memakai kacamata khusus.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar