REVIEW: Acer Aspire M5, Notebook Tipis Penunjang Desain

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Aspire M5 merupakan salah satu seri Aspire Slim yang dikeluarkan Acer

Acer Aspire M5

Awal Juni lalu, Acer merilis seri Slim Aspire untuk pasar Indonesia, yang merupakan seri notebook dengan desain yang lebih tipis dari notebook pada umumnya. Salah satu dari seri Slim Aspire yang menjadi andalan Acer adalah Slim Aspire M5.

Acer menghadirkan perangkat ini dengan menyasarkan mereka yang butuh laptop dengan performa tinggi untuk kebutuhan grafis, namun hadir dengan desain tipis yang menarik. Karena itu Aspire M5 ini tampil dengan layar 14 inci, ketipisan 20,77 mm, dan bobot sekitar 1,9 kg.

Untuk mendukung penggunaan perangkat ini oleh para desainer grafis, Acer pun melengkapinya dengan integrasi DVD-RW. Dengan demikian ini bisa memudahkan para desainer yang menggunakan Aspire M5 untuk read and write dari CD/DVD.

Seperti apa kinerja dan tampilan Acer Aspire M5? Berikut paparannya.

Desain
Aspire M5 hadir dengan desain tipis dan warna metalik yang memikat. Meski Acer mengkategorikan laptop ini ke ultrabook, tapi layar yang digunakan sebesar 14 inci, untuk kebutuhan grafis yang maksimal. Resolusi yang digunakan pun cukup baik, yaitu 1366x768 pixel.

Aspire M5 ini memiliki tebal hanya sekitar 20,77 mm. Ini berarti tebal laptop ini sekitar 30 persen dari laptop biasa, namun tetap memiliki optic drive DVD-RW.

Saat layar dibentangkan, maka akan terlihat keyboard yang selintas mirip dengan MacBook. Tampilan backlit pada keyboard juga menambah kesan mirip dengan MacBook. Tapi jika dalam mode hemat energi, backlit di keyboard bisa dimatikan.

Acer Aspire M5 Acer Aspire M5
 
Adapun touchpad yang digunakan berukuran besar, dengan posisi lebih berada di sebelah kiri. Gestur dan klik yang dihasilkan touchpad pun terbilang responsif. Posisi touchpad ini menjadikan area palm rest cukup luas dan nyaman.
Konektivitas dan Audio
Aspire M5 ini juga dilengkapi dengan sejumlah konektivitas seperti jack RJ45 untuk LAN, 2 port USB 3.0, konektor HDMI, jack untuk adapter tenaga. Posisi ini sebenarnya terbilang merepotkan, terutama dengan menempatkan slot USB di belakang. Sedangkan di sebelah kanan terdapat lubang untuk headphone 3,5 inci dan slot memory card, sehingga ini mudah digunakan saat akan transfer data dengan SD Card.

Untuk kebutuhan audio, Aspire M5 dilengkapi dengan tata suara Dolby Home Theater. Meskipun suara berada di bawah, tapi suara yang dihasilkan tetap nyaring dan tidak cempreng.

Kinerja


Karena masuk kategori ultrabook, Acer pun menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai media simpan, dengan kapasitas 500 GB. SSD memungkinkan kemampuan instant-on dan meningkatkan performa harddisk.

Karena itu booting untuk masuk ke sistem operasi Windows 7 Home Premium hanya membutuhkan waktu sekitar 22 hingga 25 detik. Sedangkan untuk shutdown membutuhkan waktu sekitar 13 detik. Adapun dari posisi standby hanya butuh waktu 2 detik atau instant on.

Notebook slim ini juga punya manajemen daya yang baik, sehingga bisa bertahan 80 hari dalam standby mode. Sedangkan jika digunakan secara normal, Aspire M5 bisa digunakan sekitar 5-6 jam, dan maksimum sekitar 8-9 jam.

Performa terbaik pun diberikan Aspire M5 berkat prosesor generasi ketiga Intel, Intel Core i5, dengan kecepatan mulai dari 1,7 GHz. Kerja prosesor ini tentu dibutuhkan untuk membuka software grafis yang umumnya berat. Berdasarkan Windows Performance Index, kinerja prosesor mendapat rating 6,9 dari angka maksimum 7,9.

[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar