Pencegahan Gigi Berlubang

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

gigi sehat

Pernahkah anda merasa tersiksa disaat ingin memakan makanan kesukaan namun terhalang oleh sakit gigi yang menyiksa? Apa yang menjadi penyebab sakit gigi dan mengapa kebanyakan orang yang mengalami sakit gigi merasakan ngilu yang luar biasa sehingga orang yang sudah dewasa pun mampu menangis ketika sedang sakit gigi?

Pada zaman dahulu banyak para ilmuan mengungkapkan bahwa sakit yang berasal dari gigi adalah akibat dari ulat pada gigi berlubang seperti halnya pada buah. Namun anggapan ini salah besar ketika sebuah penemuan baru yang diungkapkan oleh Dokter gigi Amerika Willoughby Miller bahwa penyebab sakitnya gigi adalah karena bakteri pada gigi meradang akibat gula dari sisa makanan. Bakteri ini bekerja mengubah gula menjadi asam yang menyebabkan gigi berlubang.

Sebenarnya lubang pada gigi ini belum terlalu kita rasakan sebelum bakteri membuat lubang yang jauh lebih besar dan lebih dalam lagi sampai ke lapisan dentin dan akhirnya mengenai syaraf pada gigi. Hal ini dapat dirasakan ketika kita makan akan merasakan ngilu yang luar biasa. Dan yang parahnya jika hal ini kita biarkan tanpa mendapatkan pertolongan serius dari dokter gigi maka gigi kita bisa habis dilubangi oleh bakteri sampai hanya menyisakan akarnya saja. Hal ini dapat kita perhatikan pada gigi susu anak kecil dimana disaat gigi mereka mengalami pembusukan maka lambat laun giginya akan rusak.

Pada kasus yang lebih serius jika kita membiarkan bakteri terus menerus menggerogoti gigi kita maka ketika bakteri mampu menembus sistem saluran darah pada gigi dan kemudian mengundang berbagai kuman yang mampu masuk kedalam tubuh karena mulut adalah sarang nya bakteri.

Gigi yang berlubang tidak dapat sembuh sendiri seperti halnya luka pada kulit, namun untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut maka anda disarankan untuk bersegera ke dokter gigi untuk melakukan check up secara berkala mengenai kesehatan gigi anda.

Untuk mencegah gigi berlubang selain periksa gigi ke dokter, anda dapat merawat gigi anda sedini mungkin dengan selalu menyikat gigi disaat bangun tidur, setelah makan, dan sebelum tidur.

Sikat gigi yang teratur saja tidak akan cukup kalau caranya tidak benar, maka agar anda mendapatkan hasil yang maksimal anda harus menyikat gigi dengan cara yang dianjurkan sehingga gigi tetap putih dan bersih.

Makan makanan yang berserat dan kurangi makanan–makanan yang manis juga mampu membuat gigi anda jauh lebih sehat.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar