Orang Indonesia di balik mobil murah

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Orang Indonesia di balik mobil murah

Duo mobil mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC)Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menghebohkan pameran IndonesiaInternational Motor Show 2012, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Dalamsepekan, ribuan unit telah dipesan dan orang rela menunggu mobilberkapasitas 1.000 cc tersebut. Walaupun harus menunggu hingga tahundepan.Suksesnya mobil murah tidak lepas dari sosok di belakangnya.

Ternyata, perancang mobil murah tersebut adalah orang Indonesiaasli. Adalah Mark Yoshua Wijaya yang dengan bangga menyebut mobilyang dirancangnya sebagai karya Indonesia untuk dunia.

"Gagasan awalnya dari Indonesia, dua tahun lalu kita kirim idenya ke(Daihatsu) Jepang, mereka suka lalu mengadakan kontes internal,"ujar Mark saat ditemui merdeka.com, di sela-sela pameran, Kamis(27/9).

Setelah melalui berbagai seleksi, rancangan Mark lolos hingga tahapfinal. Mark pun tak gentar manakala harus beradu ide dengan limadesain lain buatan orang Eropa dan Jepang. Hingga akhirnya, padatahap final, 300 responden menyukai dan memilih desain mobil hasilkaryanya.

"Hasilnya rancangan saya disukai 70 persen responden, itu penjurianhanya mengandalkan desain, tidak ada keterangan negara asalpeserta," kata lajang kelahiran Surabaya, 26 Juli 1977 itu.

Meski desainnya paling disukai, tampilan Daihatsu Ayla saat inidiakui telah melalui berbagai penyesuaian. Alasannya, konsep awalmobilnya memang harus disesuaikan dengan harganya yang murah.

Beberapa bagian diganti, termasuk karburator yang harus rela digantidengan ukuran yang lebih kecil. Namun, pria yang bergabung denganDaihatsu pada 2003 ini berupaya agar tampilannya berkesan mewah,menyesuaikan kesukaan konsumen Indonesia.

"Dari survei internal kita, orang Indonesia itu suka mobil sporty,mewah, dan harganya murah (tertawa). Kesan mewah ini kita hadirkanmelalui kabin berkesan panjang, dan rangka depan yang kuat,"paparnya.

Alumnus Jurusan Desain Produk Teknologi Institut Teknologi Surabayaini sengaja mendesain Ayla dan Agya secara simpel agar pengguna bisamengubah penampilannya sesuka hati.

"Desain Ayla itu bisa dibilang basic, tidak punya kepribadian,terserah pemiliknya nanti. Pokoknya Ayla sejak awal kita rancangsebagai mobil murah tapi tidak murahan, kecil tapi tetap lega,sesuai kesukaan konsumen Indonesia," ujarnya.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar