Muhammadiyah Ajukan 3 Calon Pahlawan Nasional

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :


Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajukan tiga nama tokoh untuk diberi gelar sebagai Pahlawan Nasional. Ketiga tokoh tersebut yakni Ki Bagus Hadikoesoemo, Kasman Singodimedjo, dan Abdoel Kahar Moezakir.

Panitia Pengusulan Pemberian Gelar Pahlawan melakukan audiensi dengan Ketua MPR, Taufiq Kiemas, untuk membahas pemberian gelar tersebut.

Ketua Panitia Pengusulan Pemberian Gelar Pahlawan, Makmun Murod, mengatakan ketiga tokoh tersebut telah berjasa di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), sehingga hari kemerdekaan Indonesia bisa dilaksanakan.

Seperti yang dikutip dari laman VIVAnews, "Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan tampil ke depan untuk mengusulkan kepada Presiden SBY, agar presiden mengambil keputusan," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 31 Agustus 2012.

Sementara itu, Ketua MPR Taufiq Kiemas mengaku akan bersama-sama dengan PP Muhammadiyah mengajukan ketiga nama tersebut ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Nanti kita sama-sama ajukan ke Presiden," katanya.

Ki Bagus Hadikoesoemo, yang telah dianugerahi sebagai pahlawan perintis kemerdekaan Indonesia. Ketua PP Muhammadiyah 1942-1953 itu adalah anggota BPUPKI dan PPKI yang punya andil dalam penyusunan Pembukaan UUD 1945.

Kasman Singodimedjo adalah Jaksa Agung Indonesia periode 1945 sampai 1946 dan juga mantan Menteri Muda Kehakiman pada Kabinet Amir Sjarifuddin II.

Sementara, KH Abdoel Kahar Moezakkir adalah Rektor Magnificus yang dipilih Universitas Islam Indonesia untuk pertama kali dengan nama STI selama 2 periode. Ia juga anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Untuk diketahi, wacana pencalonan Pahlawan Nasional setiap tahunnya menjadi pembicaraan hangat. Salah satunya terkait debat, berhak tidaknya mantan Presiden Soeharto mendapat gelar terhormat itu.

Lepas dari kontroversi dalam pemerintahannya yang bercokol semalam 32 tahun, ada banyak orang yang mengagumi Presiden RI kedua itu. Salah satunya lewat spanduk yang memajang foto penguasa Orde Baru itu, tersenyum lebar, sambil melambai tangan. Seakan menyapa mereka yang melihat, “Piye kabare? Uenak jamanku to...”

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar