Mau lever sehat? Lakukan 8 langkah ini

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Mau lever sehat? Lakukan 8 langkah ini

Lever adalah organ terbesar kedua pada tubuh kita, setelah kulit. Selain itu, lever juga bertanggung jawab untuk memproses semua yang kita makan, seperti protein, karbohidrat, serta mengubah glukosa menjadi energi. Untuk itu, menjaga kesehatan lever adalah hal penting yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan lever, seperti dilansir oleh Thirdage (17/09).

1. Mengonsumsi makanan organik
Fakta mengenai kadar nutrisi makanan organik memang masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Namun sudah jelas bahwa makanan organik mengandung lebih sedikit pestisida, hormon pertumbuhan, dan bahan kimia lain yang bisa merusak lever. Dengan mengonsumsi makanan organik, Anda membantu menjaga lever dari bahan-bahan kimia yang beracun.

2. Kurangi makanan tinggi lemak jenuh
Makanan cepat saji, termasuk fruktosa, makanan gorengan, dan makanan olahan mengandung lemak jenuh atau minyak hidrogen. Berdasarkan penelitian di jurnal Hepatology, diet yang tinggi fruktosa dan lemak jenuh bisa berbahaya bagi lever.

3. Konsumsi sayuran kaya sulfur
Sayuran yang kaya sulfur, seperti bawang putih, bawang merah, brokoli, kembang kol, dan kubis diketahui mampu membantu lever menghalau racun yang masuk dalam tubuh. Sayuran juga kaya serat yang membantu mengurangi racun dalam sistem pencernaan.

4. Kurangi alkohol
Alkohol bisa menghancurkan sel dalam lever dan mengakibatkan kerusakan lever, peradangan, hepatitis, atau cirrhosis. Jika Anda sudah memiliki penyakit lever, maka mengonsumsi alkohol bisa semakin memperburuk keadaan.

5. Pilih produk alami
Semakin banyak terkena bahan-bahan kimia, maka lever Anda harus semakin bekerja keras untuk membuat tubuh tetap sehat. Bantu pekerjaan lever dengan menggunakan produk-produk alami untuk tubuh dan pekerjaan rumah. Sebaiknya jangan terlalu banyak gunakan pestisida di rumah.

6. Awasi konsumsi obat-obatan
Acetaminophen (biasanya bermerek Tylenol) diketahui memiliki zat yang berbahaya bagi lever. Penggunaan acetaminophen secara berlebihan bisa berdampak pada kerusakan akut lever. Awasi penggunaan obat-obatan Anda. Jangan terlalu mudah mengonsumsi obat tanpa anjuran dokter.

7. Cokelat hitam
penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada cokelat hitam mampu melindungi jantung dan pembuluh darah. Antioksidan ini ternyata juga mampu melindungi pasien yang mengalami cirrhosis pada lever.

8. Olahraga
Salah satu penelitian di Hepatology menemukan bahwa tetap aktif selama 150 menit seminggu meningkatkan produksi enzim lever sekaligus fungsi lever. Dengan berolahraga teratur, Anda juga bisa menjaga berat badan dan kebugaran tubuh. Obesitas dan kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit lever.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat kesehatan lever. Mengingat pentingnya fungsi lever bagi tubuh, maka menjaga lever tetap sehat adalah hal yang penting.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar