Manfaat Cabai Merah, si Pedas Yang Bikin Sehat

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :



Siapa yang suka makan pedas? Menu makan siang rasanya tidak lengkap tanpa rasa pedas. Lalapan ayam goreng tidak nikmat tanpa kehadiran sambal, bahkan keripik singkong akan makin lezat dengan sensasi pedas. Nyam.. makanan pedas memang bisa memanjakan lidah. Selain menambah kenikmatan saat makan, cabai merah punya segudang manfaat sehat, simak!

Melawan Radang
Cabai merah telah lama dikenal sebagai bahan yang dapat melawan radang. Zat kapsaisin yang ditemukan dalam cabai merah akan menghambat neuropeptida yang bertanggung jawab pada proses peradangan. Salep atau krim yang mengandung kapsaisin juga banyak digunakan untuk mengobati nyeri rematik atau nyeri sendi.

Membantu Melegakan Pernapasan
Pernah ada yang bertanya-tanya mengapa makan sesuatu yang pedas saat sedang flu rasanya melegakan? Hal tersebut karena cabai merah dapat mengurangi rasa sakit. Rasa panas dan pedas pada cabai akan merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Konsumsi cabai merah akan membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cabai merah kaya vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, perpaduan vitamin A, vitamin B dan vitamin C pada cabai merah akan membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Misalnya saja flu, batuk dan pilek. Vitamin A dapat menangkal infeksi misalnya saja pada paru-paru, saluran hidung, sayuran kandung kemih, dan saluran pencernaan.

Jantung Lebih Sehat
Cabai merah telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan trigliserida. Selain itu, cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga, sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.

Menjaga Berat Badan
Saat seseorang makan cabai merah, maka tubuhnya akan merasa panas. Itu adalah satu bukti bahwa cabai merah memiliki efek termogenik atau memproduksi panas di dalam tubuh, sebuah efek yang sama dengan olahraga. Selain itu, cabai merah membantu mempercepat proses pencernaan dan metabolisme tubuh.

Perlindungan Dari Kanker
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research, dilansir whfoods, selain ampuh melawan radang, kapsaisin pada cabai dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker prostat. Tetapi satu hal yang harus Anda waspadai, terlalu banyak mengonsumsi cabai justru bisa menaikkan risiko kanker perut, jadi berhati-hatilah.

Itu dia beberapa manfaat hebat si cabai merah. Ingat ya ladies, perhatikan jumlah yang Anda konsumsi! Semua yang berlebihan tidak baik. Anda suka makanan pedas apa?

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar