Kurang Gizi Dapat Sebabkan Kemandulan

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

foto

Jakarta - Kekurangan gizi pada ibu hamil tidak saja berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurang gizi mampu mempengaruhi risiko reproduktif secara keseluruhan.

"Mulai dari kemandulan, kerusakan struktur janin, sampai penyakit tidak menular berbahaya jangka panjang," ujar dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM),  Noroyono Wibowo, dalam simposium mengenai Early Life Nutrition yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Ahad, 9 September 2012.

Menurut Noroyono, penelitian tersebut memantau secara intensif masa sebelum pembuahan hingga masa awal kehamilan. Dalam masa-masa itu, ibu hamil dipantau untuk melakukan diet dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan embrio dan janin. Dari situ diketahui, bahwa mikronutrien utama yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat, vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, anti- oksidan, zat besi, zinc, dan tembaga.

"Secara filosofis, proses kehamilan seperti membangun rumah, harus memiliki blue print sebelum pembangunannya," ujar Noroyono. Cetak biru itu, menurut Noroyono, adalah status nutrisi yang harus dipenuhi ibu selama hamil. "Bila tidak dipenuhi, tentu ada konsekuensi tersendiri," kata Noroyono.

Dokter yang juga menjabat sebagai Presiden Persatuan Obstetri dan Ginekologi (POGI) ini memaparkan walaupun dokter sering menyampaikan soal pemenuhan gizi kepada setiap ibu hamil, masih banyak ibu yang tidak menuruti dengan berbagai macam alasan, seperti biaya, tingkat pendidikan, dan sebagainya.

"Memang banyak adjustment (penyesuaian diri) yang manusia lakukan seolah mereka sehat. Padahal, tidak semua organ tubuh bisa menghadapi adjustment itu," ujar Noroyono. Ia pun menganalogikan dengan bahan bangunan rumah. "Belum tentu bahan pondasi yang digunakan cocok, mungkin bisa disubtitusi dengan bahan lain. Tapi ada konsekuensi, misalnya jadi tidak kuat dan sebagainya. Begitu pula tubuh manusia," ujarnya.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar