Ilmuwan Bikin Chip untuk Perbaiki Kerusakan Otak

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :


Ilmuwan merancang perangkat chip yang dapat memperbaiki kerusakan otak. Mereka menguji coba temuan ini dengan menerapkan pada kera dan diharapkan dapat membantu mengobati demensia (kepikunan), strokes atau cedera otak lainnya.

Dilansir Watoday,  perangkat ini memerlukan sekira satu tahun lagi untuk pengembangan komersial. Peneliti kini membuat model terkait bagaimana teknologi ini mendukung dan meningkatkan kemampuan mental pada korteks otak, pemikiran dan perencanaan. Laporan baru ini diterbitkan pada Journal of Neural Engineering.

Pada dekade sebelumnya, ilmuwan telah mengembangkan implan otak yang mampu meningkatkan penglihatan. Selain itu, memungkinkan para penyandang cacat menggunakan pikiran mereka untuk mengendalikan kaki palsu maupun memindahkan kursor komputer.

Pengembangan baru, yang dipimpin peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center dan University of Southern California, mengusung perangkat yang mampu meningkatkan fungsi otak secara internal. Teknologi ini menggunakan komunikasi yang disebut fine-tuning di antara neuron (sel saraf).

Peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa implan saraf dapat membantu daya ingat pada hewan pengerat. Laporan baru ini memperluas fungsi perangkat chip tersebut secara signifikan.

Dalam studinya, para peneliti di Wake Forest melatih lima kera untuk memainkan permainan gambar yang dapat dicocokan. Kera melihat gambar tersebut dalam layar besar. Kera melihat gambar mainan, manusia hingga pegunungan dan mencoba untuk memilih gambar yang sama dari kelompok gambar yang ditampilkan di layar sebelumnya.

Setelah dua tahun mempraktekkan chip tersebut, ilmuwan menemukan bahwa kera dapat mengembangkan kemampuannya dan semakin mahir dalam mencocokkan gambar. Sekira 75 persen, kera mampu mencocokkan gambar dengan benar pada tingkatan yang mudah, sementara tingkatan yang sulit mencapai 40 persen.
 
[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
2 Comments

2 comments:

Miz Tia mengatakan...

makin canggih makin aneh juga ya :D
.

Herman Bagus mengatakan...

@ Miz ta => makin canggih makin aneh juga ya :D <= betul tuh.

Posting Komentar