HOME » SEHAT Inilah bahaya menelan benda asing bukan makanan

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Inilah bahaya menelan benda asing bukan makanan

Seorang wanita yang mengeluh mual, muntah, dan mengalami tekanan darah rendah awalnya didiagnosis terkena infeksi abdomen oleh dokter. Namun setelah menjalani tes darah, kadar enzim pada hatinya tidak stabil. Melalui pemeriksaan USG, bahkan ditemukan lubang di hatinya sepanjang 3 cm.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily (10/09), ternyata wanita tersebut pernah tidak sengaja menelan tusuk gigi. Parahnya, bukannya masuk ke sistem pencernaan, tusuk gigi tersebut malah 'nyasar' dan melukai hati. Fakta ini cukup mencengangkan, sebab rupanya sudah ada banyak kasus seseorang menelan tusuk gigi dan berujung pada masalah hati. Demikian seperti yang dilaporkan penelitian terbaru.

"Menelan benda asing yang bukan makanan memang bukan masalah baru. Sayangnya banyak orang yang kerap lupa setelah menelan sesuatu," tulis peneliti dalam jurnal BMK Case Reports.

Banyak kasus menelan benda asing yang bukan makanan keluar dari jalur sistem pencernaan. Objek benda asing tersebut bisanya bersifat runcing dan tajam, misalnya tusuk gigi, jarum, sampai duri ikan.

"Perut dan saluran usus kecil pertama yang bernama duodenum adalah tempat yang biasanya membuat benda asing kabur dari sistem pencernaan," terang peneliti.

Berita buruknya, kasus menelan benda asing ini sulit didiagnosis. Pasien kerap lupa setelah menelan benda asing tertentu. Kemudian hampir tidak ada gejala selama beberapa waktu. Kalaupun ada, gejala tersebut tidak spesifik dan tidak tampak dari analisis tubuh bagian luar.

Padahal, diagnosis dini sangat penting. Jadi bagi seseorang yang pernah tidak sengaja menelan benda asing bukan makanan, peneliti menyarankan agar segera menjalani tes USG atau CT scan.

"Masalah menelan tusuk gigi secara tidak sengaja ini juga sering dikaitkan dengan sifat mudah terkena penyakit," tutup peneliti.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar