Haruskah Anak Diberi Suplemen Minyak Ikan Agar Pintar?

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

img

Kandungan omega 3 yang banyak terkandung di dalam tubuh ikan menurut penelitian bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata. Namun bagaimana jika anak malas atau bahkan tidak mau makan ikan? Haruskah diberi suplemen minyak ikan?

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 (terutama DHA dan EPA). Sumber omega 3 tertinggi ditemukan pada ikan-ikan air dingin seperti seperti salmon, tuna, sarden, atau tiram.

Tentunya akan sangat baik jika anak bisa mendapatkan omega 3 dari sumbernya langsung yaitu melalui makanan yang dikonsumsinya. Namun tidak semua anak mau dengan mudahnya mengonsumsi ikan. Kemungkinan anak makan ikan dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan omega 3 untuk otaknya juga tidaklah terlalu besar. Apalagi jika Anda juga tidak mudah menemukan ikan yang tak mengandung merkuri.

Kalau anak tidak makan ikan jenis salmon atau tuna setidaknya satu kali seminggu, dia sebaiknya harus mendapatkan asupan omega 3 dari makanan lain. Asupan omega 3 yang dibutuhkan anak rinciannya adalah, anak 1-2 tahun: 1 ons, 3-6: 1,5 ons dan di atas 6 tahun: 2 ons.

Makanan lain yang bisa jadi sumber omega 3 selain ikan segar adalah sarden kalengan. Namun makanan jenis tersebut bukanlah sumber omega 3 yang baik. Jenis lain tuna kalengan yaitu solid white albacore (tuna putih solid) mengandung lebih banyak omega 3 namun juga mengandung lebih banyak merkuri sehingga menurut ahli tidak baik untuk dikonsumsi anak-anak. Bahkan The Food and Drug Administration menyarankan untuk membatasi konsumsi tuna putih solid satu porsi per minggu.

Selain melalui ikan, omega 3 juga dapat ditemukan di makanan lainnya seperti telur, susu, kedelai, jus, yoghurt, roti, sereal, dan margarin. Sayangnya, tidak semua makanan di atas mengandung DHA atau EPA yang tinggi.

Sehingga menurut para ahli, seperti dikutip babycenter, suplemen minyak ikan adalah cara terbaik untuk anak Anda mendapatkan asupan omega 3, DHA, dan EPA dengan dosis yang baik. Selain itu, suplemen minyak ikan juga hampir bebas merkuri. Jika anak Anda tidak menyukai minyak ikan yang umumnya berbau amis, kini dapat ditemukan banyak produk minyak ikan yang diberi rasa buah-buahan yang cenderung lebih disukai anak-anak. Produk ini dapat ditemui dalam bentuk cairan, soft chew, maupun soft gel. Jika anak Anda dibesarkan sebagai vegetarian, maka suplemen ganggang yang difermentasi dapat menjadi pilihan Anda untuk mencukupi asupan DHA buah hati.


[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar