Harimau Jawa Punah, Habitatnya Terancam Musnah

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Kebakaran hutan marak di musim kemarau (ilustrasi)

Area hutan cagar alam di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, makin berkurang di musim kemarau ini. Ekosistem di wilayah ini semakin terancam. Juga para penghuninya.

“Selama kemarau, 25 ha kawasan Cagar Alam Bojong Larang, Jayanti, terbakar,” ungkap Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Cianjur Isis Iskandar kepada VIVAnews, Selasa 25 September 2012.

Isis menjelaskan kebakaran ini terjadi selama beberapa kali dalam rentang waktu tiga bulan terakhir. Setiap kejadian tidak kurang dari lima hektar lahan terbakar. Kejadian terakhir adalah pada awal bulan lalu di mana 10 hektar lahan cagar alam ini terbakar. “Kebakaran hutan ini masih mungkin terjadi lagi mengingat hujan masih belum merata hingga kawasan Cianjur Selatan,” ungkapnya.

Kawasan Cagar Alam Bojong Larang, Jayanti, merupakan salah satu hutan pantai yang jumlahnya semakin berkurang di Pulau Jawa dan di Indonesia. “Di Cianjur ya tinggal hutan pantai ini yang tersisa dalam kurun 30 tahun terakhir. Sisanya musnah. Luas kawasan yang tersisa hingga tahun ini tinggal 732,22 hektar saja,” katanya.

Isis menambahkan ada dugaan kesengajaan dalam perusakan alam ini. “Kita masih menyelidiki dugaan adanya kesengajaan dalam kebakaran hutan di kawasan ini. Meski kering, api tidak akan menyala begitu saja. Untuk antisipasi kamitelah membentuk PAM swakarsa hutan dengan nama Damkarsaka. Mereka ujung tombak kami dalam antisipasi kebakaran dan menjaga hutan,” jelasnya.

Dalam kurun waktu 30 tahun, banteng Jawa di kawasan ini juga dinyatakan punah, menyusul harimau Jawa yang tinggal legenda. Dari pemantauan BKSDA, di kawasan ini sekarang hanya terisi sekitar enam pasang burung merak, 12 pasang kijang, 20 pasang bajing terbang besar, dan sekitar 20 pasang burung rangkong.

”Yang mengkawatirkan sekarang adalah populasi lutung, burung rangkong dan elang laut yang semakin terancam, karena hutan semakin berkurang,” ujarnya.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar