DPR Panggil Menteri KKP Soal Penjualan Pulau Gambar & Gili Nanggu

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :


Jakarta Situs www.privatesislandonline.com memasang iklan penjualan Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Komisi IV DPR langsung memanggil Menteri Kelautan dan Perikanan untuk dimintai penjelasan.

"Kalau mitra kerja kami yang memang mencakup ke situ memang Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sudah kita jadwalkan besok kita panggil Menteri Kelautan dan Perikanan pukul 10.00 WIB," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron, kepada detikcom, Rabu (5/9/2012).

Menurut Herman, KKP bertanggung jawab mendata setiap pulau terluar di Indonesia. Sudah dibentuk juga badan khusus yang bertugas mengawasi pulau-pulau terluar di Indonesia.

"Kan menteri sudah menyampaikan mau mengecek, besok kita akan minta penjelasan Menteri Kelautan dan Perikanan secara langsung," imbuhnya.

Situs www.privatesislandonline.com memasang iklan penjualan Pulau Gambar di Laut Jawa dan pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kementerian Kelautan dan Perikanan pun melakukan pengecekan kepemilikan pulau tersebut.

Pulau Gambar menjadi salah satu pulau yang dijual dalam situs penjualan pulau pribadi dunia tersebut. Harga yang ditawarkan tergolong murah yakni USD 725 ribu atau setara dengan Rp 6,8 miliar (kurs Rp 9.500). Dalam informasi penjualannya, pulau itu disebutkan berada di kawasan Laut Jawa dengan luas 2,2 hektar.

Pulau Gambar dideskripsikan sebagai pulau unik yang masih 'perawan'. Dengan pantai indah yang mengelilinginya, pulau ini layak dijadikan sebuah hunian pribadi. Air laut di sekitar pulau relatif tenang dan dangkal. Para pengunjung bisa menyelam, snorkelling, dan memancing. Sejumlah ikan dan lobster bisa ditemukan di tepi pantai.

Sementara pulau Gili Nanggu di Lombok yang memiliki luas 4,99 hektar itu ditawarkan dengan harga Rp 9,9 miliar. Lokasinya yang berada di laut Bali menjadi daya jual tersendiri. Menurut situs tersebut, pemilik pulau menawarkan Gili Nanggu dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya 10 unit cottage, 7 unit bungalow, 1 unit restoran, mini bar, kamar, dan area pengembangbiakan kura-kura.

Indonesia sudah lama melarang jual-beli pulau di Indonesia karena menyangkut kedaulatan negara. Pemerintah hanya memberi izin untuk menyewa demi kepentingan pariwisata.


[sumber][LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar