Ciri Fisik Awal Kehamilan

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

ciri hamil

Kehamilan merupakah anugerah tak ternilai bagi seorang ibu sehingga perlu dijaga dan dan dirawat sejak dini. Kehamilan memiliki tanda pasti dan tidak pasti. Ciri tidak pasti yaitu berupa tanda fisik sedangkan tanpa pastinya adalah adanya janin dalam rahim ibu.

Ciri fisik awal kehamilan kadang muncul pada seorang wanita tetapi kadang juga tidak muncul. Sebelum menggunakan alat tes kehamilan biasanya seorang ibu akan melihat tanda-tanda yang muncul di tubuhnya terlebih dahulu. Dibawah ini adalah beberapa ciri fisik awal kehamilan

1. Siklus haid berhenti

Pada wanita dengan siklus haid teratur biasanya sudah bisa menentukan kapan ia akan datang bulan sehingga saat haid datang terlambat bisa menjadi tanda pertama yang muncul apabila sedang hamil, tetapi terlambat haid juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti hormonal, stres fisik dan stres psikologis.

2. Payudara membesar dan bengkak

Ini terjadi karena perubahan hormonal yang tinggi dalam tubuh dan akan hilang setelah melewati trimester pertama. Payudara mungkin akan terasa lebih sakit dan sensitif dari pada saat menstruasi.

3. Mudah merasa lelah

Pada wanita tertentu rasa lelah ini bahkan bisa menyebabkan pingsan sehingga lebih baik untuk menjaga aktifitas fisik sehingga tidak terlalu lelah. Rasa lelah ini dialami pada saat awal-awal kehamilan saja dan akan membaik memasuki trimester kedua. Setelah itu kondisi tubuh akan kembali normal. Baca juga Jangan Takut Berolahraga Selama Masa Kehamilan.

4. Mengalami Mual dan Muntah

Biasanya lebih berat pada pagi hari sehingga disebut sebagai morning sickness tetapi bisa juga terjadi sepanjang hari.

5. Sering buang air kecil

Tanda kehamilan ini terjadi karena wanita hamil menyimpan lebih banyak air sehingga cairan yang diproses oleh ginjal lebih banyak. Pada kehamilan yang lebih tua, selain karena jumlah cairan yang meningkat juga karena tertekannya kandung kemih oleh rahim.

6. Jerawat

Pengaruh hormon yang meninggi membuat jerawat keluar lagi seperti pada saat remaja. Hati-hati kalau akan menggunakan obat jerawat karena obat yang mengandung accutane dan vitamin A dosis tinggi bisa menyebabkan cacat lahir.

7. Suhu Basal Tubuh Tetap Tinggi

Yang dimaksud dari suhu basal tubuh adalah suhu yang diukur pada pagi hari saat Anda bangun tidur dan masih di tempat tidur. Gunakanlah thermometer yang diletakan di bawah lidah untuk mengukurnya. Jika selama 18 hari berturut-turut suhu basal Anda tetap tinggi maka ada kemungkinan Anda hamil.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar