7 Tanda Anda Menderita Gangguan Makan Berlebihan

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

img

Wanita cenderung menganggap ringan dengan apa yang disebut dengan makan berlebihan karena akibatnya tidak terlalu banyak disorot seperti anoreksia ataupun bulimia nervosa. Namun ternyata, makan berlebihan juga merupakan ganguan makan berbahaya yang harus diwaspadai.

Makan melebihi kebutuhan kalori bisa berakibat pada kegemukan, obesitas, kolesterol tinggi dan diabetes bahkan berisiko menimbulkan penyakit jantung. Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan godaan makan atau compulsive eater? Ini tujuh tandanya, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Tak Bisa Mengontrol Makan
Mengonsumsi kalori terlalu banyak dalam waktu bersamaan bukanlah hal yang baik. Jika Anda seringkali tanpa sadar memakan cokelat, keripik berukuran besar, dan beberapa lembar roti dalam waktu yang bersamaaan maka mulailah mengatur kembali pola makan Anda.

2. Rasa Menderita Karena Makan Berlebihan
Menderita yang dimaksud bukan sekadar rasa menyesal setelah Anda memakan sesuatu lebih dari porsi yang seharusnya. Jika Anda sering merasakan kebencian dan depresi atas pola makan Anda, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada ahli nutrisi profesional.

3. Terobsesi Memikirkan dan Membicarakan Makanan
Apakah Anda sering terlibat dalam pembicaraan yang membahas tentang makanan atau terlalu giat berolah raga dan bahkan tidak berani bercermin? Jika ya, mulailah ubah kebiasaan tersebut menjadi lebih seimbang karena tidak berdampak baik bagi kesehatan Anda.

4. Kenaikan Berat Badan Seketika
Orang yang memiliki masalah makan berlebihan cenderung melewati saat dimana dia sangat kelaparan lalu makan sangat banyak yang kemudian menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Makan Setelah Kenyang
Tubuh memiliki batas atas banyaknya makanan yang bisa ditampung dan dapat memberikan tanda jika batasnya sudah tercapai. Sayangnya pertanda dari tubuh itu kadang diabaikan dan Anda tetap mengonsumsi makanan sesuai keinginan, padahal asupan yang dibutuhkan oleh tubuh sudah cukup. Cobalah untuk mengunyah makanan secara perlahan dan berhentilah makan jika perut sudah terasa kenyang.

6. Melewatkan Waktu Makan
Pemakan berlebihan seringkali melewatkan waktu makan yang penting seperti sarapan. Membiarkan perut kosong lalu makan sangat banyak pada jam makan siang hanya akan membuat Anda merasa kekenyangan dan meninggalkan rasa lemah dan lesu.

7. Makan Saat Tidak Merasa Lapar
Hal ini paling sering terjadi pada penderita gangguan makan berlebihan. Memakan sesuatu hanya demi memuaskan keinginan bukan karena rasa lapar dapat menyebabkan pola makan yang tidak terkontrol.


[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar