7 Pantangan Sebelum Tidur

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

foto

Jakarta - Tidur adalah kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Namun ada banyak hal yang dapat mengganggu tidur sehingga mengakibatkan orang masih merasa lelah dan mengantuk ketika bangun.

Supaya Anda tidak mengalami tidur yang sia-sia, berikut adalah daftar kegiatan sebelum tidur yang harus dihindari supaya bisa bangun dalam keadaan segar.

1. Jangan berolah raga
Olahraga adalah kegiatan yang baik dilakukan. Namun waktunya tentu bukan sebelum tidur.

Kegiatan olah tubuh sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh. Ini membuat Anda menjadi lebih sulit tidur. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

2. Matikan semua perangkat elektronik
Apakah Anda salah satu dari orang-orang sering terhubung dengan alat elektronik seperti televisi, laptop, atau ponsel sebelum tidur?

Menurut penelitian, ini kebiasaan yang tidak baik karena cahaya dari layar dapat menghentikan perkembangan melatonin dalam tubuh Anda. Melatonin adalah hormon yang membantu Anda tertidur di malam hari.

3. Jangan mandi air panas
Mandi dengan air panas atau dengan air biasa dapat membuat diri kita lebih beristirahat dan bersantai. Namun, seperti olahraga, mandi air panas atau mandi bakal menaikkan suhu tubuh.

Akibatnya, Anda akan merasa terlalu panas atau berkeringat. Tentu ini bakal membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Sebaiknya biarkan tubuh Anda menjadi dingin sebelum tidur.

4. Jangan minum cairan
Minum apapun -bahkan air putih sekalipun, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur karena menyebabkan Anda harus ke kamar mandi pada istirahat malam. Tentu ini akan merusak tidur Anda.

5. Bekerja
Bekerja sebelum tidur dapat merangsang otak. Hal ini juga menyebabkan Anda stres. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur.

6. Membaca buku yang menarik
Kebiasaan membaca buku yang menarik sebelum tidur bisa membuat Anda menunda tidur. Akhirnya, Anda akan tetap bangun sepanjang malam untuk menyelesaikan buku itu. Akibatnya, esok harinya Anda masih merasa kantuk.

7. Tidak berbicara serius
Ketika Anda memiliki tema serius untuk didiskusikan dengan pasangan atau teman Anda, bicarakanlah di pagi hari.

Penelitian menunjukkan bukan ide yang baik untuk tidur setelah pengalaman traumatis atau argumen karena akan mempengaruhi emosi Anda. Setelah diskusi serius, emosi Anda akan tinggi, sehingga Anda akan memiliki waktu yang sulit untuk tertidur.


[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar