5 Situs Sejarah di Amerika Serikat yang Terancam Digusur

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Ketika zaman belum semodrn dan teknologi secanggih yang kita alami dan dinikmati, dan suhu politik dunia mungkin sudah ter’peta’kan sehingga mudah terbaca. Hal yang paling dtakutkan dapat merusak sejarah dan kebudayaan suatu bangsa adalah menyebarnya paham baru, misalnya saja komunisme, ataupun paham lainnya yang dapat menggerus dan menghilangkan sejarah milik sebuah bangsa.

Seperti yang pernah dilakukan oleh bangsa Mongol yang mengubah Sungai Tigris menjadi hitam sebagai lautan tinta, akibat buku-buku yang sengaja dibuang dan dihancur. Bangsa Mongol melakukan penghancuran budaya dan sejarah ketika mereka menyerbu dan menguasai Kota Baghdad, demi kekuasaan yang tidak terbatas. Berbeda dengan saat sekarang, hal-hal yang dapat merusak nilai sejarah dan kebudayaan adalah finansial, di mana aset-aset sejarah banyak diperjual-belikan untuk keuntungan semata. Berikut uniknya.com merangkum 5 tempat bersejarah di Amerika Serikat yang terancam di musnahkan:


1. Terminal Island, Pelabuhan Los Angeles, Calif.



Terminal Island merupakan salah satu pusat galangan kapal di Amerika Serikat, dan juga industri pengolahan tuna kalengan. Tempat ini dihuni oleh para penduduk keturunan Jepang-Amerika, yang populasinya mencapai 3.000 jiwa. Mereka kemudian diusir dari kawasan tersebut pada 1942 untuk alasan yang tidak jelas. Sekarang tempat ini hanya dijadikan sebagai setting pembuatan film layar lebar dan televisi. Namun yang memperihatikan, tempat ini terancam untuk dihancurkan ataupun dimiliki oleh pihak swasta, tanpa memperhatikan nilai sejarahnya.

2. Kompleks Rumah Sakit di Ellis Island, New York Harbor.


Di suatu masa Pulau Ellis dikenal dengan nama ‘Island of Hope’ (pulau harapan) bagi para imigrant yang ingin mengadu nasib dan keberuntungannya di Amerika Serikat. Di saat itu pula Rumah Sakit Ellis Island dikenal sebagai salah satu rumah sakit terbesar di Amerika Serikat, selain berfungsi sebagai pelayanan kesehatan masyarakat setempat. Rumah Sakit ini pula menjadi sarana pemeriksaan kesehatan para imigran yang datang dari berbagai negeri, dan untuk memastikan mereka tidak membawa penyakit yang membahayakan dan menular lainnya. Namun saat ini keberadaannya terancam hancur dimakan usia, dan kurangnya dana untuk melakukan sebuah perbaikan dan perawatan.

3. Gymn Milik Joe Frazier, Philadelphia


Bagi pencinta olahraga tinju, pasti tidak asing lagi dengan nama Joe Frazier, seorang petinju yang berhasil menjatuhkan Muhamad Ali di atas kanvas ring, sekaligus mendapatkan gelar sebagai juara dunia tinju. Gaya bertinju Joe seringkali disandingkan dengan nama Henry Armstrong dan Rocky Marciano. Ia dikenal sebagai petinju dengan pukul hook yang mematikan dan banyak memakan korban.

Namun Joe harus meninggalkan semua yang dicintainya terutama dunia tinju yang telah membesarkan namanya. Pada 7 November 2011 ia meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya. Para pencinta olahraga tinju dunia pun berduka, bahkan sang legenda Muhamad Ali mengatakan bahwa dunia telah kehilangan juara tinju sejati.


Dan sekarang kabar yang paling mengenaskan bagi para pencintanya, bahwa satu-satunya gedung tempat Joe berlatih diancam dilelang oleh The National Trust for Historic Preservation (semacam lembaga pemerintah yang merawat gedung-gedung bersejarah). Dan para generasi petinju selanjutnya hanyak akan mengetahui Joe Frazier melalui literasi tertulis saja.


4. Sweet Auburn Historic District, Atlanta


Sweet Aburn merupakan tempat lahirnya seorang aktivis dan reformis kulit hitam di Amerika Serikat, Martin Luther King Jr. Sweet Auburn merupakan sebuah kawasan kulit hitam yang berdekatan kawasan kulit putih, perbedaan kehidupan keduanya sangat mencolok meskipun mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagaimana dituliskan dalam Undang-Undang Jim Crow di wilayah selatan Amerika Serikat. Saat ini kawasan Sweet Auburn terancam dijadikan kawasan komersial, dan ditakutkan akan menghilangkan nilai sejarah yang dimilikinya.

5. Medan Pertempuran Princeton, New Jersey


Tugu peringatan Medan Pertempuran Princeton, merupakan salah satu situs bersejarah Amerika Serikat yang juga terancam digusur dan digantikan menjadi sebuah pemukiman. Padahal peperangan yang terjadi di Princeton sangatlah penting dan berpengaruh dalam sejarah berdirinya negara Amerika Serikat.


[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar