Styrofoam, kemasan yang diam-diam membunuh manusia

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Styrofoam, kemasan yang diam-diam membunuh manusia

Kita sudah tidak asing lagi dengan styrofoam. Kemasan makanan ini sering kita jumpai untuk membungkus makanan buka puasa. Tampilannya memang bersih dan praktis. Tapi ternyata styrofoam sangat membahayakan.

Styrofoam atau polystyrene banyak digunakan sebagai kemasan bahan pangan, makanan dan minuman. Selain praktis, penggunaannya pun mudah, Namun nyatanya, Styrene yang merupakan molekul pembentuk Styrofoam amat berbahaya. Hal ini pertama kali diketahui di tahun 1976, saat itu survei dari Environtment Protection Agency National Human Adipose menemukan Syrene ada di jaringan lemakdi seluruh manusia.

Hal ini membuktikan bahwa keseharian manusia tak lepas dari penggunaan Styrene. Spekulasi pun bermunculan diindikasikan unsur ini berbahaya bagi kesehatan manusia. Memang dampaknya tidak muncul serta merta ketika manusia mengkonsumsi makanan atau minuman dalam kemasan styrofoam. Namun ancaman akibat penggunaan styrofoam akan berakumulasi hingga menyebabkan penggunanya menderita kanker atau gangguan hormon tanpa dia sadari.

Seperti yang dilansir olivegreen.com, Minggu (5/8), penelitian membuktikan, styrene dapat menggangu fungsi kerja hormon seperti tidak teraturnya haid, gangguan hormon tiroid hingga menyebabkan kanker payudara dan prostat. Selain itu efek lainnya yang bisa ditimbulkan dari penggunaaan styrofoam yang mengandung styrene ini adalah gangguan saraf dan liver.

Ada beberapa faktor yang mempercepat unsur strene berpindah dari kemasan ke tubuh manusia. Antara lain, pertama, pada makanan yang mengandung lemak dan minyak. seperti sup, dan minuman yang kaya akan lemak contohnya, kopi susu dan mie. Kedua, kadar keasaman yang tinggi seperti pada teh lemon, dari penelitian diketahui berat gelas Styrofoam yang dipakai minuman tersebut cepat berkurang. Ketiga, panas dan juga beberapa makanan seperti daging dan keju yang dibugkus plastik dalam styrofoam.

Keempat, adanya Etanol yang biasa terdapat pada minuman berakohol seperti bir dan wine. Terakhir keberadaan vitamin A, vitamin A kan mengurai dan membentuk unsur baru ketika bereaksi dengan styrene.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
1 Comments

1 comments:

Wawan Gunawan mengatakan...

Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

Posting Komentar