Lemang dan Cara Membuatnya

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

lemang2 Lemang, Jajanan Favorit Bulan Ramadhan

Lemang merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan bumbu khas. Lemang akan menjadi incaran konsumen saat ramadhan dan lebaran. Meskipun makanan ini ada setiap saat tapi lemang akan lebih terasa jika disantap saat ramadhan dan lebaran. Jika sudah ramadhan atau lebaran permintaan lemang memang meningkat tajam.

Hmmm..,bayangkan saja jika anda bisa meraih peluang ini sebagai pilihan bisnis anda saat ramadhan dan lebaran. apalagi sekarang lebaran kurang sebentar lagi, hari nan suci dan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim di seluruh dunia akan segera datang. Jika kita pandai memanfaatkannya, pasti peluang bisnis ini akan menjadi milik anda.

Lemang bisa dianalogikan dengan lontong jika di jawa ataupun ketupat, hanya saja rasanya dan cara pembuatannya sedikit berbeda. Perbedaan terutama karena adanya unsur santan, sehingga membuat lemang lebih gurih dan relatif berlemak. Perbedaan lainnya adalah bahan pembuatnya. Meski bahan dasar lemang adalah beras, namun ada juga yang menggunakan beras ketan atau bahkan ketan. Makanan ini biasanya disantap dengan tape ketan hitam atau bisa juga dengan rendang daging atau ayam yang dipadukan dengan sambal.

lemang1 270x300 Lemang, Jajanan Favorit Bulan Ramadhan 

Cara membungkus lemang hampir serupa dengan lontong, namun cara memasaknya yang membuatnya juga cukup unik, yakni dengan memasukkan beras/beras ketan/ketan ke dalam tabung bambu. Selanjutnya tabung tersebut dibakar. Cara membakar lemang akan menentukan rasa. Secara tradisional, tabung ini biasanya dibakar dengan menggunakan sabut kelapa selama waktu tertentu. Sedangkan di jaman modern seperti sekarang, metode memasaknya beraneka ragam, bisa menggunakan oven, microwave, ataupun kompor gas. Namun tentu saja rasanya tidak seenak lemang yang dimasak dengan cara tradisional. 

Harga rata-rata 1 tabung bambu lemang berkisar Rp 15 ribu – Rp 20 ribu. Apabila dijadikan satu paket makanan dengan rendang, harganya berkisar Rp 30 ribu atau lebih. Jika ingin memadukannya dengan tape ketan hitam, anda bisa membeli tape ketan hitamnya dengan harga Rp.3.000,-/bungkus.

Bahan:
•    1 Isi Lemang
  • 1 kg Beras pulut (hitam atau putih)
  • 5 butir kelapa (diambil santan kental dan encer)
  • Garam secukupnya sesuai selera
•    Tabung Pembungkus
Daun pisang muda secukupnya
Buluh lemang yang telah dibersihkan (bambu yang berkulit tipis yang dipergunakan khusus untuk membuat lemang, bukan bambu berkulit tebal yang biasa digunakan untuk membuat perabot .
•    Sabut untuk pembakaran

Cara Membuat:
  • Garam dilarutkan secara merata kedalam santan, lalu tuangkan ke dalam beras pulut. Adonan tidak boleh kebanjiran dan jangan sampai kekeringan pula.
  • Masukkan adonan ke dalam tabung bambu yang sudah dilapisi oleh daun pisang muda. Tinggi adonan kira-kira sepanjang tabung dikurangi sekitar 7 cm dari permukaan tabung.
  • Setelah itu, bakar tabung bambu yang sudah berisi adonan dengan cara menegakkannya pada sebuah sandaran. Sandaran diletakkan sedemikian rupa (berada di antar sabut dan tabung bambu) sehingga tabung mendapat panas dari sabut kelapa yang dibakar. Pembakaran ini akan berlangsung kira-kira selama 3 jam. Balik-balik posisi tabung bambu sehingga semua bagian mendapatkan panas secara merata.
Dengan tahu cara membuatnya, tunggu apa lagi?! Buat sekarang, anda jug bisa membuatnya baik dikonsumsi oleh keluarga saat lebaran atau sebagai pilihan bisnis anda sekarang…?!!!

[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
1 Comments

1 comments:

Andreansyah Dwi Wibowo (Andre Tauladan) mengatakan...

ho.. ternyata bahannya macam-macam ya.. yang saya tahu lemang terbuat dari bahan ketan putih... Btw, beras pulut itu apa ya? apa itu sama dengan ketan??? Istilah baru itu buat saya.

Ada lagi lemang yang nggak boleh ada di Indonesia, apa coba? "Walung Lemang-Lemang" (warung remang-remang) :ngakaks...

mampir balik ya.. andretauladan.blogspot.com

Posting Komentar