453 Ribu Akun Yahoo Kena Hack!

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

mainbnr
LOS ANGELES - 453 ribu informasi login akun Yahoo! disebarkan oleh para peretas atau hacker. Para hacker menayangkan 453.000 informasi login akun Yahoo! yang bersumber dari plain text milik salah satu layanan Yahoo! yang belum teridentifikasi.

Grup hacker yang menyebut dirinya D33Ds Company mengaku telah menyelusup ke subdomain milik Yahoo! dengan menggunakan union-based SQL injection. Teknik meretas ini ditujukan kepada aplikasi web yang kurang mengawasi keamanan sistem mereka, sehingga informasi yang seharusnya tersimpan dengan aman dapat ditarik ke luar dengan mudah.

D33Ds Company mengklaim telah mengambil 453.492 akun Yahoo! dan lebih dari 2700 tabel database. Mereka berharap bahwa pihak yang bertanggungjawab atas keamanan subdomain Yahoo! ini akan bertindak lebih hati-hati karena masih banyak celah keamanan Yahoo! yang dapat di-hack oleh mereka.

Menurut keterangan Yahoo!, Kamis waktu setempat, layanan Yahoo! yang kini dicurigai sebagai sumber bocornya informasi akun ini adalah Yahoo Voice alias Associated Content berdasarkan string dbb1.ac.bf1.yahoo.com yang berhubungan dengan fitur layanan suara. Di Yahoo!, keamanan adalah masalah yang amat serius. Kami menginvestasikan sejumlah besar dana untuk upaya perlindungan dan keamanan akun, kata Yahoo! dalam rilisnya.

Yahoo! mengatakan telah memperbaiki kerusakan akibat hacker ini. Kami memperbaiki kerentanan yang mengarah ke pengungkapan data ini, mengubah password dari pengguna Yahoo! yang terkena dampak dan memberitahukan kepada pelanggan, terangnya.

Yahoo! meminta maaf atas ketidaknyamanan ini dan mendesak pengguna untuk mengubah password mereka secara teratur. Pihak Yahoo! juga telah mengkonfirmasikan bahwa dari seluruh 450 ribu lebih email yang diretas tersebut, hanya terdapat kurang dari 5 persen e-mail Yahoo!. Namun, terdapat hal yang cukup menarik yang diungkapkan oleh ESET, salah satu perusahaan sekuriti online.

ESET menemukan bahwa dari sekian banyak email Yahoo! yang diretas, terdapat dua jenis password yang paling banyak digunakan. Dua password tersebut adalah password 123456? dan password. Total sebanyak 1666 akun email Yahoo! memakai password 123456?. Sedangkan untuk pengguna password password, terdapat sejumlah 780 akun e-mail Yahoo!. Terdapat pula jenis-jenis password lain yang ditemukan oleh ESET. Berikut ini adalah 10 daftar password Yahoo! terbanyak yang diretas:

123456 = 1666 (0.38%)
password = 780 (0.18%)
welcome = 436 (0.1%)
ninja = 333 (0.08%)
abc123 = 250 (0.06%)
123456789 = 222 (0.05%)
12345678 = 208 (0.05%)
sunshine = 205 (0.05%)
princess = 202 (0.05%)
qwerty = 172 (0.04%)

Anders Nilsson dari ESET juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan password-password tersebut juga banyak digunakan pada situs lain, seperti akun Gmail, akun jejaring sosial Facebook, Twitter dan lain-lain. Jadi, mulai saat ini nampaknya Anda harus berhati-hati dalam memilih password. Dan, bagi Anda yang memiliki password seperti dalam daftar di atas, sebaiknya Anda menggantinya.

Kasus pencurian password di internet nampaknya dari hari ke hari semakin intensif. Sebelumnya, terdapat kasus serupa yang menimpa jejaring sosial LinkedIn.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar