Honda ujicoba teknologi anti-macet di Indonesia

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Situasi jalan yang macet, terutama di kota-kota besar di Tanah Air mendorong Honda Motor Co., Ltd, untuk menguji coba teknologi pendeteksi kemacetan di Indonesia pada bulan Mei dan Juli tahun ini. Selain Indonesia, negara lain yang menjadi sasaran percobaan adalah Italia. Uji-coba yang dimaksud, sekaligus untuk mengetahui efektivitasnya dalam meminimalkan kemacetan lalu lintas.

Jika dikomparasikan dengan sistem penyedia informasi tentang kemacetan yang sedang terjadi, teknologi ini justru lebih menekankan pada sebuah sistem yang memonitor situasi akselerasi maupun deselerasi kendaraan untuk memberikan gambaran kepada pengemudi tindakan yang bisa memicu terjadinya kemacetan.

Mengacu pada determinasi ini, sistem akan memberikan informasi kepada pengemudi, termasuk kode warna melalui on-board terminal agar pengemudi menyesuaikan kecepatan mobilnya. Pola ini akan sangat membantu menghindari kemacetan karena beberapa mobil tercecer akibat kecepatan yang tidak sama.

Sebelumnya Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan keberhasilan mereka dalam mengembangkan teknologi pertama di dunia yang mampu mendeteksi potensi kemacetan. Honda mengembangkan teknologi ini dengan mempelajari kebiasaan pengemudi melakukan akselerasi maupun deselerasi.

Dalam situasi seperti itu, salah satu mobil yang melakukannya akan berpotensi terhadap kemungkinan timbulnya kemacetan. Bekerja sama dengan Research Center for Advanced Science and Technology dari Universitas Tokyo, pihak Honda melakukan uji-coba sistem ini dengan mengoptimalkan teknologi untuk mendeteksi potensi kemacetan lalu lintas.

Hasilnya menunjukkan sistem ini bisa membantu meningkatkan kecepatan arus kendaraan sekitar 23 persen serta menaikkan efisiensi konsumsi bahan bakar sekitar 8%.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar