9 Jenis Kepribadian Entrepreneur

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Memulai dan mengembangkan usaha sendiri membutuhkan banyak keterampilan untuk bisa sukses. Lihat jenis kepribadian bisnis Anda dan cari tahu apa yang Anda butuhkan supaya berhasil. Apakah Anda memiliki kepribadian bisnis seperti Bill Gates yang seorang visioner, atau seorang Improver seperti pendiri Body Shop, Anita Roddick?

Jenis kepribadian bisnis merupakan ciri-ciri dan karakteristik kepribadian Anda yang menyatu dengan kebutuhan bisnis. Jika Anda lebih memahami kepribadian bisnis, maka Anda bisa memberikan bagian terbaik untuk perusahaan.

Ada 9 jenis kunci dari kepribadian seorang pengusaha dan pemahaman terhadapnya akan membantu Anda lebih menikmati bisnis dan perusahaan Anda dapat menyediakan apa yang dibutuhkan agar bisa tumbuh dan berkembang. Profil kepribadian pengusaha ini didasarkan pada lingkaran 9-titik Enneagram.

Berikut ini adalah 9 Jenis Kepribadian Pengusaha menurut Darrell Zahorsky :

1. The Improver

Pebisnis gaya improver, berfokus pada menggunakan perusahaan sebagai sarana untuk memperbaiki dunia. Memiliki moto : perusahaan yang bekerja benar secara moral akan dihargai sebagai sebuah tujuan mulia. Improvers memiliki kemampuan yang kuat untuk menjalankan bisnis dengan integritas tinggi dan etika.

Personality Alert: Waspadai sifat Anda yang cenderung menjadi perfeksionis dan terlalu kritis terhadap karyawan dan pelanggan.

Contoh Pengusaha : Anita Roddick, Pendiri The Body Shop.

2. Advisor

Pebisnis dengan gaya Advisor memiliki tingkat kepedulian yang sangat tinggi kepada pelanggan. Motto dari advisor ini yaitu pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan segalanya untuk menyenangkan mereka. Perusahaan dibangun oleh penasehat yang fokus pada pelanggan.

Personality Alert: Advisor dapat menjadi benar-benar fokus pada kebutuhan bisnis dan pelanggan mereka, terkadang mengabaikan kebutuhan mereka sendiri.

Contoh Pengusaha : John W. Nordstrom, Pendiri Nordstrom.

3. Superstar

Pebisnis tipe Superstar, pusatnya dikelilingi oleh karisma dan energi tinggi dari Sang CEO Superstar. Dalam membangun bisnisnya, seorang Superstar menggunakan merek pribadi sendiri.

Personality Alert: bisa menjadi terlalu kompetitif dan gila kerja (workaholics).

Contoh Pengusaha : Donald Trump, CEO Trump Hotels & Resorts Casino.

4. Artist

Pebisnis dengan kepribadian Artist biasanya senang menyendiri tapi sangat kreatif. Sering ditemukan dalam bisnis menuntut kreativitas seperti desain web dan biro iklan. Sebagai tipe artist akan cenderung membangun bisnis di sekitar bakat unik dan kreativitas yang di miliki.

Personality Alert: Anda mungkin terlalu sensitif terhadap respon pelanggan Anda, walaupun kritik yang konstruktif.

Contoh Pengusaha : Scott Adams, Pencipta Dilbert.

5. The Visionary

Sebuah bisnis yang dibangun oleh seorang visioner sering didasarkan pada visi masa depan dan pemikiran pendirinya. Anda akan memiliki rasa ingin tahu tingkat tinggi untuk memahami dunia di sekitar Anda.

Personality Alert: visioner bisa terlalu fokus pada mimpi dengan sedikit fokus pada realitas. Aksi harus melanjutkan visi.

Contoh Pengusaha : Bill Gates, Pendiri MicroSoft Inc

6. Analis

Jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang analis, perusahaan Anda fokus pada memperbaiki masalah dengan cara sistematis. Kebanyakan adalah perusahaan ilmu pengetahuan, teknik atau komputer, perusahaan Analis unggul dalam pemecahan masalah.

Personality Alert: Waspadai kelumpuhan analisis. Bekerja pada mempercayai orang lain.

Contoh Pengusaha : Intel Pendiri, Gordon Moore.

7. The Fireball

Sebuah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh kepribadian gaya Fireball adalah penuh kehidupan, energi dan optimisme. Perusahaan Anda adalah energi kehidupan dan membuat pelanggan merasa mendapatkan perlakuan dengan cara yang menyenangkan.

Personality Alert: Anda mungkin berlebihan melakukan tim Anda dan bertindak impulsif. Seimbangkan sifat impulsif Anda dengan perencanaan bisnis.

Contoh Pengusaha : Malcolm Forbes, Publisher, Majalah Forbes.

8. Hero

Anda akan memiliki kemampuan luar biasa untuk memimpin dunia dan bisnis Anda melalui tantangan apapun. Anda adalah inti dari kewirausahaan dan bisa merakit perusahaan besar.

Personality Alert: Terlalu menjanjikan dan menggunakan taktik kekuatan penuh untuk mendapatkan cara Anda tidak akan bekerja jangka panjang. Untuk menjadi sukses, percaya pada keterampilan kepemimpinan Anda untuk menolong orang lain menemukan jalannya.

Contoh Pengusaha : Jack Welch, CEO GE.

9. The Healer

Jika Anda The Healer (Penyembuh), Anda memberikan pemeliharaan dan harmoni bagi bisnis Anda. Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan dengan ketenangan batin.

Personality Alert: Karena, sikap kepedulian penyembuhan Anda terhadap bisnis Anda, Anda mungkin menghindari realitas di luar dan menggunakan angan-angan. Gunakan skenario perencanaan untuk mempersiapkan kekacauan.

Contoh Pengusaha : Ben Cohen, Co-Founder Of Ice Cream Ben & Jerry.

Jika Anda setia pada karakter bisnis yang Anda miliki, Anda akan berhasil. Mengetahui ciri-ciri yang tegas dalam kepribadian Anda bisa menjadi pedoman dalam menjalankan bisnis Anda. Wawasan kepribadian ini sangat berguna jika Anda sedang membangun tim. Namun jika Anda adalah pemilik tunggal bisnis, Anda.

[sumber] [LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar