Kebutuhan Air Bersih Seiring Perkembangan Teknologi

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

Air memang dibutuhkan pada setiap lapisan makhluk hidup. Baik itu manusia, tumbuhan, maupun hewan. Sudah lazim sekali kita melihat berbagai sumber air alami yang langsung dibuat oleh alam ataupun sumber air yang harus diperjuangkan dahulu untuk mendapatkannya, bisa kita beri contoh sumur pada setiap rumah warga. Dengan pembuatan tempat mata air tersebut, tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan mereka sehari-hari. Dalam memenuhi kebutuhan air ini pula, pemerintah mulai ikut andil dalam memberikan fasilitas kemudahan mendapatkan air yang bisa dikatakan layak untuk dikonsumsi.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sumber air alami seperti sungai yang menyediakan air bersih di kota-kota besar mulai terancam keadaannya. Salah satu contohnya mulai bermunculan pabrik-pabrik besar tidak bertanggung jawab yang membuang limbahnya ke sungai yang sering dipakai oleh warga sekitar sungai yang bersangkutan sehingga menjadi tercemar. Tidak itu saja, kerugian bisa terjadi dimana-mana dan siapa saja. Dengan mengkonsumsi air yang sudah terkontaminasi oleh racun hasil buangan pabrik, bisa mengakibatkan terjangkitnya penyakit berbahaya yang mampu merenggut nyawa sesorang. Kerugian lain dari hal tersebut adalah hilangnya spesies asli penghuni sungai tersebut dan bau busuk yang menyerbak yang mampu membuat masyarakat sekitar menajadi batuk-batuk serta sesak napas apabila sudah sangat berbahaya. Maka dari itulah perlunya kontribusi dari berbagai pihak dan instansi manapun dengan cara melalukakan konservasi sumber daya air dilingkungan yang tercemar.

Kegiatan konservasi sebenarnya bisa dilakukan dengan metode apapun. Baik dengan menggunakan teknologi yang berkembang pesat saat ini atau hanya dengan menggunakan bahan alami yang disediakan oleh alam. Bahan alami ini bisa berupa tumbuhan eceng gondok, kayu apu, dll. Penggunaan tumbuhan seperti ini bisa membantu mengurangi kadar asam racun dalam sungai yang sudah tercemar dan diproses secara alamiah tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Menggunakan tumbuhan seperti ini juga jauh lebih efektif dan efisien dari pemakaian alat-alat khusus yang sudah menelan waktu dan biaya dalam pengerjaannya. Tapi dalam melakukan peranannya, Tumbuhan Eceng Gondok harus mendapatkan pengawasan dari pihak yang berperan  agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah dari limbah. Karena itulah kerja sama sangat dibutuhkan untuk melakukannya. Tetapi biasanya Tumbuhan Eceng Gondok hanya dapat tumbuh di daerah air yang tenang.

Tumbuhan Eceng Gondok yang memenuhi sungai yang mengakibatkan kerugian terhadap warga dalam kegiatan sehari-hari mereka

Solusi lain dari penanggulangannya adalah memberikan surat perintah atau peringatan terhadap pabrik yang masih bandel membuang limbah secara sembarangan. Surat ini bisa berisi perintah agar pihak pabrik mengolah dahulu limbah dalam beberapa tahap sehingga tingkat keganasan racun limbah menjadi berkurang dan tidak akan menambah masalah lingkungan yang sudah ada.Kemudian, pihak pemerintah bisa bekerja sama dengan dinas yang bersangkutan untuk mengajak warga sekitar sungai untuk melaporkan ke pihak yang berwajib apabila menemukan gejala sungai sudah mula tercemar serta melakukan kegiatan menanam pohon di pinggir sungai yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Apa Peranan Blogger Dalam Hal Seperti Ini?

Dalam hal konservasi seperti ini memang perlu melibatkan banyak pihak, salah satunya blogger. Blogger yang biasanya sering muncul di dunia maya yang sangat berhubungan dengan teknologi masa kini, dapat ikut berpartisipasi aktif dalam program konservasi sumber daya air ini. Bisa dengan cara memberikan bantuannya berupa memberikan informasi ke sesama sahabat blogger untuk menjaga lingkungan terutama sumber air bersih. Para blogger juga dapat membuat sebuah postingan menarik yang berisi ajakan untuk menjaga linkungan dan disertai beberapa informasi makhluk hidup yang dapat menjadi contoh serta dampak negatif terhadap kerusakan lingkungan terhadap ulah manusia yang terjadi disekitar kita. Lalu apabila bergabung dengan suatu komunitas blogger, bisa mengusulkan suatu kegiatan mulia kepada anggota komunitas untuk turun langsung ke lapangan guna menjalankan misi bakti sosial yakni menyelamatkan sumber air bersih. Kegiatannya bisa berupa membersihkan sungai yang kotor, penanaman bibit pohon , dan juga bisa memberikan penyuluhan kepada warga sekitar yang kurang mengerti akan menjaga lingkungan. Penyuluhan bisa menggunakan teknologi, seperti video interaktif serta menarik yang dapat mendorong semangat semuanya untuk menjaga lingkungan.

Jadi, perkembangan teknologi pada masa sekarang bisa membantu menjaga lingkungan seperti contoh yang tadi, dan juga bisa berimbas pada dampak buruk terhadap lingkungan terutama bagi sumber air di sekitarnya.

MARI KITA MENJAGA SUMBER AIR BERSIH DEMI KELANGSUNGAN HIDUP KITA SENDIRI DAN ANAK CUCU KITA NANTI
TIDAK ADA AIR, TIDAK ADA MASA DEPAN
[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
38 Comments

38 comments:

Indramayu Cyber Team mengatakan...

PERTAMAX diamankan!!

Indramayu Cyber Team mengatakan...

hhahha, izin nyimak dulu gan..

Cirebon-Cyber4rt mengatakan...

wah nice info gan :D

Tonnys mengatakan...

dilombakan atau tidak tulisan ini, saya support deh,..dan terus bantu sundul "cah.. :D
ayo jaga air untuk anak cucu kita :)

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

Artikel yang cerdas,ini aku suka banget bang..semoga saja yang dipelosok jg kebagian untuk menikmati air bersih ya bang....moga winner aza ya bang..amiennnnn.

Fira Firdaus mengatakan...

ian, coba kasih beberapa alternatif yang bisa dilakukan sendiri oleh masyarakat dalam pemanfaatan limbah. kubaca dimajalah, eceng gondok tu bisa jadi sumber penghasilan loh

Black Angel Syndicate mengatakan...

Mantap... Mampir balik blog ane sob...
Jangan lupa Follow balik... Ane dah Follow blog sobat...

Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, DLL

Rama Arif Maulana mengatakan...

Mantap... Mampir balik blog ane sob...
Jangan lupa Follow balik... Ane dah Follow blog sobat...

Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, TIPS N TRICK, SOFTWARE, GAME, DLL

http://blackangelsyndicate.blogspot.com/

Sakahayang Kang Asep mengatakan...

Salut buat sobat gaya penulisannya seperti yang sudah profesiona1,,,, emang sudah profesional koq!!

Memang sob, air itu nomor satu untuk kehidupan. Ingat dulu saat kuliah, nyari tempat kost yang ku survey pertama kali bukan tempat tidur atau yang lainnya tapi tempat mandi (Air/sumur/PAM/bersih/kotor/)...

Semoga sukses di lombanya ,,,

cardiacku mengatakan...

Kontes ya sob..sukses aja dech dengan kontesnya.
Yang teroenting pelestarian akan sumber air in memang sangat diperlukan demi anak cucu kita masa kedepannya.
Nice share sobat

masnady_bloegreen mengatakan...

bener bgt sob..? mari kita lestari kan air bersih,mulai dari sekitar kita, sukses buat sobat..???

Angga Pranidhana mengatakan...

keren gan,,,

SEO mengatakan...

Great post..

surya ramadhan mengatakan...

support terus perlindungan air...

salam blogwalking

hmsf08.blogspot.com

Indramayu Cyber Team mengatakan...

sobat, jangan biarkan air kita sampai habis! hahhaha :D

district16 mengatakan...

mari kita jaga air kita
kualitas maupun kuantitasnya :D

UsFxTrading mengatakan...

jgn mencemari air gan

Arif Pri mengatakan...

air memang nomor satu buat di rumah sob dan sangat penting sekali...

B@zz0874 mengatakan...

air untuk hidup........good

goyang pattah-pattah mengatakan...

wah mantap sob, mank untuk menjaga keberadaan air bersih harus melibatkan semua lapisan yang terkait, dan disini kesadaran yang paling penting, nice post jempol buat sobat....

Musa Khairul Umam mengatakan...

Nice info dulu bang

Suardiana Utama mengatakan...

yang mesti sadar adalah setiap invidu.... terutama yang tingal di dekat gunung dan dipinggir sungai. ayo mulai dari diri kita sendiri. nice post bro :)

Adie Konoe Poetra Dyanaz mengatakan...

MARI KITA MENJAGA SUMBER AIR BERSIH DEMI KELANGSUNGAN HIDUP KITA SENDIRI DAN ANAK CUCU KITA NANTI

.......................Mari Mas Bro................................
^_^

iman@sampeweweh mengatakan...

izin nyimak soba

iman@sampeweweh mengatakan...

nice share hehe kita memang harus menjaga air agar nggak tercemar sobat

Black Angel Syndicate mengatakan...

Jalan-Jalan Lagi Ahh... Mampir balik blog ane ya sobat...
Berbagi HACKING, TWEAKING, SOURCE CODE, SOFWARE, GAME, TIPS N TRICK, dll

Tonnys mengatakan...

kembali lagi bantu sundul :)

Indramayu Cyber Team mengatakan...

yg punya blog gak muncul-muncul yaaaa :D

fajar Kurniawan JE mengatakan...

sukses bung kontesnya... :)

US mengatakan...

air memang semakin naik waktu semakin perlu.. apalagi kalo tambah banyka manusianya..

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@Indramayu Cyber Team: terima kasih gan, sudah mengamnkannya hahha
@Cirebon-Cyber4rt : makasih gan udah bilang nih post bagus (padahal ngebosenin)
Tonnys : iya mas, dilombakan nih post. makasih
@ICAH BANJARMASIN : heheh makasih bang icah. artikelnya sih cerdas tapi yang bikin nih post gak cerdas2 juga heheh
@Fira Firdaus : makasih fi sarannya.. tapi masih bingung nih hehehe
@Sakahayang Kang Asep: aaah enggak kang, aku masih newbie kok.. oh gitu ya kalo mau kuliah.. wah bisa jadi referensi nih kalo mau nyaris kos nanti buat kuliah

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@cardiacku: makasih ya mas. iya ini mmg kontes.. ayo sama2 menjaga sumber air kita
@masnady_bloegreen: iya sob, benar banget tuh hehehee
@surya ramadhan: iya sob. mri kita menjaga sumber air bersih sama2
@district16 : bener bagnet gan, yg penting kualitas dulu., hahaaay
@UsFxTrading : oke sob, mencemari air berarti kita sudah menghilangkan kesempatan hidup lebih lama

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@Arif Pri : bener banget sob, gak ada air cepet mati kita hehehe
@B@zz0874 : hidupp aiir.. hahaaay
@goyang pattah-pattah: iya sob, kesadaran tuh memang dari diri snediri2 nih..
@Musa Khairul Umam : makasih bang heheh
@Suardiana Utama : wah wah, bener bener banget sob. sepenuhnya tuh ada di diri masing masing untuk melaksanaknnya
@Adie Konoe Poetra Dyanaz: oke masbro.. kita jaga sama2 hehee

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@iman@sampeweweh: iya sob, kita mesti jaga nih hehe
@Indramayu Cyber Team : nih udah muncul gan hehehe
@fajar Kurniawan JE: makasih bung atas kontesnya
@us: bner banget tuh.. apalagi volume air di dunia ini enggak nambah2.. malahan manusianya yang makin banyak

sweethyamore mengatakan...

Informasi menarik. Jadi nambah wawasan aku nich. Thanks sobat.

Anonim mengatakan...

Teknologi Penjernih Air Pertama di Indonesia, cukup dengan 1 filter dapat mengubah air keruh, kuning, kotor, bau menjadi jernih seperti air PAM. klik aja www.nicofilter.co.id

Anonim mengatakan...

Magnificent goοds fгom уou, man. I havе take note уouг stuff
ρrevious to and you're simply extremely magnificent. I actually like what you've aсquiгed right here,
really like what you're stating and the way in which during which you say it. You make it entertaining and you continue to take care of to stay it wise. I cant wait to read much more from you. This is really a wonderful site.
Here is my website : Sok Z Noni

Anonim mengatakan...

I’m not that much of a internet reader to be hοnеst
but уour blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back down the road. All the best
My web page :: WWW

Posting Komentar