Fenomena AMIN di Sekitar Kita

Pastikan Anda sudah bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter, Cukup klik Tombol LIKE dibawah ini :

"aaaamiiiiiiiiiin" itulah kata-kata yang dikumandangkan makmum ketika imam sudah menyelesaikan membaca surah Al-fatihah. Saya sering sekali mendengar ada orang yang mempermainkan satu kata itu. Entah itu dari teriakan orang lah, atau suara dari si mulut "setan" (tanda kutip loh).

**

Dulu ketika saya masih kecil, banyak sekali teman-teman sebaya saya yang mempermainkan kata "amin" untuk menjadi bahan tertawaan atau apalah (dan tidak termasuk saya). Sampai sekarangpun masih ada beberapa yang masih bertingkah laku layaknya anak kecil (kecuali memang masih kecil) padahal kan udah remaja tuh. Menurut pengalaman saya, kata "amin" sering diidolakan seperti hal-hal berikut:

1. AAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIINN (ngucapin "amin" nya kepanjangan, mungkin udah mau nyaingin jaraknya dari sabang sampai merauke)

Ini nih sering saya rasakan ketika sholat jum'at dan ada anak-anak kecil yang biasanya membentuk suatu gerombolan. Langsung aja waktu si imam udah selesai baca surah al-fatihah terus makmum ngomongin "amin". Nah, si-anak kecil tuh ngikutin ngomong juga tapi panjangnya kebangetan. Orang-orang yang lain udah pada selesai, eh tuh anak-anak masih aja ngomongin "amin" sambil naik turunin nada kayak penyanyi seriosa.

2. Ngucapin Nama Orang

Kalau yang ini sering didengar waktu saya masih kecil dan ketika sholat maghrib di masjid. Kebetulan saat itu ada teman saya yang nama bapaknya "amin" terus jadi deh bahan leluconan. Sama kayak yang sebelumnya ketika mau ngucapin "amin" bareng-bareng langsung deh bilang "BAPAK ANDI SIAPA?"  "AAAMIIIIIIN" disambut oleh suara makmum yang ada. hahaha

3. Konser Band di Masjid

Judulnya aja aneh ya tapi memang seperti itulah kenyataannya. Fenomena ini sering terjadi di SMA saya ketika sholat jum'at sudah berlangsung. Sama seperti fenomena pendahulunya, ketika kami mau ngucapin "amin" sama sama. Tiba-tiba ada seseorang dibelakang yang berteriak layaknya vokalis band terkenal "SEMUA BILANG APA?" dan disahut oleh kata "AAAAMIIIN" dari para jamaah di musollah sekolah.[LenteraInfo]
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masukkan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi menarik setiap harinya:

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi langganan di alamat email kamu

Delivered by FeedBurner

Comments
84 Comments

84 comments:

Atma muthmainna mengatakan...

klo menurut yang aku tahu,kata amin yang cocok jika sedang shalat yaitu aaamiiin.
depan dan belakang ngucapinnya sama2 harus panjang...:a:

Juna mengatakan...

woke..udh lumayan bgus..
tp cuma mw sekedar saran aj kalau boleh ditambahin saran atau tata cara yang benar melakukannya.. syukron..

si abhi mengatakan...

terima kasih sarannya.. :n: akan diterapkan pada postingan-postingan berikutnya :q:

Sam mengatakan...

kalo anak-anak mah wajar... namanya juga anak-anak, masih dalam tahap pembelajaran tuh, tapi kalo orang dewasa..waduhhh ga tau tuhhh, emang kebangetan kalo kata aamin masih jadi candaan buat mereka...:)

Anonim mengatakan...

cukup baik, lain kali buat yg lebh menrk lagi okai!! :i:

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

Mudahan blog kita slalu disukai sama temen²...AMIENNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN...hehee

souvenir tasbih cantik mengatakan...

idem ma yang atas ane... aaamiiiiiiinn :d:

kehidupan mengatakan...

hahaha,,keren sob fenomena amin nya

Wahyu Susanto mengatakan...

Ronda gan.. :a:

Rifqi Ikhsann mengatakan...

mampir >> rifqimini.blogspot.com :e

tongkrongin mengatakan...

hehe bener sob,,amin sekarang banyak di variasi'n oleh masyarakat ,,
akhir zaman ..hehe

goyang pattah-pattah mengatakan...

wah mank dah kebangetan sob, skarang kata amin dah banyak di variasikan, semoga aja yang sering mempermainkan kata amin, bisa menjadi lempeng...
:F:

Zikir dan Kontemplasi mengatakan...

senang menyimak disini

mikexplorer mengatakan...

happy sunday to you..

Anonim mengatakan...

yg paling mengkhawatirkan adalah fenomena nggak ngikut ngaminin alias fenomena gak ikut shalat jamaah..akhir jaman

Anonim mengatakan...

@sam: saya kurang setuju dgn pendapat anda, bahwa hal itu wajar karena mereka anak kecil, seharusnya sejak kecil anak sudah diterapkan disiplin dalam beribadah, jangan dibiarkan hal itu terjadi, dan jangan dianggap hal yang sepele

si abhi mengatakan...

@anonim: waktu baca awal-awalnya yang "gak ngikut ngaminin" kirain tadi apa. eh, kiranya enggak ikut sholat berjamaah :m:

cardiacku mengatakan...

Jadi teringat waktu kecil bermain dan mengaji di mushola kampung....

abufarras mengatakan...

Berkunjung silaturahmi di sini saudaraku...

Ahmad Andry mengatakan...

Bagus juga ne....mampir d blog q y...

GLace TIng mengatakan...

Hello, I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.

Angga-Fian mengatakan...

leave your link in my blog....

Fikri Fauzan Hasan mengatakan...

Nggak cuma pas shalat sebenarnya, pas khutbah Jumat juga sering.
Misal, khotib baru bilang: "Allahmumma..."
eh, makmumnya udah bilang "Amiin..."
Allahumma kan artinya "Ya Allah", apa yg mau diaminin?

si abhi mengatakan...

wah wah wah, kalo yang itu sih belum pengalaman alias belum pernah ngarasain.. :h:

Andro Bhaskara mengatakan...

hehehehe... yah.. kejadian itu mungkin fenomena yang menglobal, dan jauh sebelumnya telah d ingatkan "Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya, dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok ? tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman."(At Taubah : 65 - 66).. mulailah benahi dari diri sendiri, keluarga, adik2, dan orang2 terdekat.. jangan hanya diam tanpa bertindak, karena selemah2nya iman adalah ketika melihat kemungkaran dan kita hanya bisa terdiam.. :)

si abhi mengatakan...

masukan yang sangat menyentuh kak.. apalagi itu memang kejadian bukan baru-baru ini aja, tapi dah lama (mungkin)

Jacky Blog mengatakan...

Blogwalking, happy blogging:l::a::c:

jack mengatakan...

inspirasi ? stand up kah ? haha

si abhi mengatakan...

@jack: pada postingan ini hnya berdasarkan pengalaman saja.. kalau yang postingan istilah aneh tuh baru dapat inpirasi dari raditya dika (dalam film kambing jantan)

jack mengatakan...

oh yokee,

GLace TIng mengatakan...

Hello, I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.
Thanks again.

Winda mengatakan...

ihhhiiiy, blogwalking ke blog asik ini... joget dulu aaah... :a: :a: :a:

Jo$$ mengatakan...

nice info...

Iyan Blog mengatakan...

Para comentator semua, AYO BILANG APA? AAAAAMIIIIIN...hee. Thanks atas kunjungannya ke warung gado-gado.

KAPAK Comunity mengatakan...

hehe...... bru tau aku, pdahal udah kenyataan....

Jennifer mengatakan...

was here :) thanks!

Be Smart mengatakan...

blogwalking gan...visit me back

havis mengatakan...

bagus...kunjung balikk ya..:b:

ale menulis mengatakan...

amin....

Obat Mata Minus mengatakan...

kunjungan sore

Bisnis Investasi mengatakan...

Kreatif juga ente bro, keep posting..

anto11bc mengatakan...

Assalamu'alaikum. Yah namanya juga bocah, mereka kan belom tahu. Kecuali orang gede yang udah tahu artinya amin, amiin, aamiin dan mempermainkannya itu perlu digimanain ya...

Pungky mengatakan...

entah kenapa poin dua dan tiga nya bikin ngakak. hahahahaha *ngebayangin* :b:

wongcrewchild mengatakan...

maklum sih klo yang ngucapin anak2, bnyak bcandanya, sbenarnya ucapan inikan bagian dari doa, specialy klo dalm ibadah mestinya pelfalannya yang sesuai, setahu saya klo dibaca tdk terlalu panjang dan tdk terllu pendek, atau dua ketukan "aamiin" "semoga doa kita dikabulkan"
nice post sob, fenomena menarik disekitar kita

GenQ mengatakan...

Bener bgt tuh gan! Kalau jamaahnya banyak anak2nya memang suka 'ngeselin' jd buat yg lain kurang khusuk :e:

arif poetra yunar blog mengatakan...

Menarik sob artikel nya :D ketawa ane...

SELAMAT DATANG DI BLOGKU mengatakan...

hha,, parah ya
tapi memang betul sih , dulu saat saya masih kecil juga sering cekikikan pas solat jumat, gara gara bilang " amin " ,

hha, jadi inget masa lalu nih
thanks for share gan , like it

Bloggers Pemalang mengatakan...

hahahaaa... kocak gan... :d:

Venomia Blog mengatakan...

Amiinnn...lanjutkan braderrr!!

hanna noviana mengatakan...

:)

mrofiuddin mengatakan...

hahahahaha...bisa aj kawan ini...Nice post kawan....visit back y....

Mixer Blog mengatakan...

hahaha....kocak...oiya aku tia aku udh visit balik nih....nice blog :)

si abhi mengatakan...

all: salam kenal semua :)

Cirebon-Cyber4rt mengatakan...

wakaakkaa ngakak gan!! XD

Mixer Blog mengatakan...

Hai abhi hadi...follback aku ya :)

si abhi mengatakan...

@Cirebon-Cyber4rt: wakakaak, ane juga nih. apa lagi yang video parodinya :D

@Mixer Blog: hai juga, sudah difolback :)

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik mengatakan...

Wow,,, banyak banget Komennya,, kerennnn Kocak,,,

Oh iya makasih banyak,,

bannernya juga sudah terpasang di http://www.tergaptek.com/2010/09/banner-sahabat.html

Indramayu Cyber Team mengatakan...

hahhahah :D

lucu gan..

:ngakak mode on

HEALTH Conspiracy mengatakan...

Klw SI AMIN uda pensiun

SHARING, BLOGGING AND EARNING mengatakan...

hahahahahaha....hehehehehe....hihihihihi.... AAAAMIIIIINNNNNN

Mita Oktavia mengatakan...

prihatin iya tapi rada ketawa juga baca postingan ini hihihi
lucu banget ada anak SMA yang teriak kayak vokalis gitu hahaha sempet2nya amat ngmng gitu ya :D

arul mengatakan...

mantap

Sarah Narin mengatakan...

hahahah.. ini fenomena ternayata terjadi dimana2 (ngga cuma d skitar saia) apalagi yg pertama n kedua xD
nice post ! =D

Asep Saepurohman mengatakan...

berbagai macam amin. :) salam kenal ya sob.

saya follow dulu blognya. saya tunggu follow baliknya :)

Mushdiqah elDrida mengatakan...

amin yang banyak :) salam kenal ^^

Achmad Reza mengatakan...

ijin copas gan, pasti ane cantumkan sumbernya kok ;)

district16 mengatakan...

wah yg nmer 3 parah gan

KangFarhan mengatakan...

asal ndak salah ngucapinnya buat yang udah baligh ya.... aamiin ( semoga dikabulkan)... jangan haamiinn( sialan/celaka)... hehehe
joke yang bagus bang

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@KangFarhan: hehhee iya bang, smoga kagak salah..terima kasih bang pujiannya

Ferry mengatakan...

hahahaha :D
lucu... lucu...

kagak takut dosa apa yak?

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

@Ferry: hehe iya bang, kagak tau juga tuh

Sweethy Amore mengatakan...

Artikel yang menarik.Kata Amin, Aamiin memiliki arti yang berbeda dalam bahasa Arabnya. Kadang kita suka khilaf dan menyamakan artinya.

RPra mengatakan...

Amin kan artinya semoga doa kita dikabulkan kan? Tapi kenapa ya semua itu hanya dianggap permainan belaka? Guru saya mengatakan orang orang Indonesia dewasa itu harus musnah, beliau bilang sih katanya untuk memperbaiki keturunan, dan budayanya. Karena sifat anak Indonesia turun dari dewasa. Benar ngga? Oh iya, kata saya malu juga kalau ketauan agama lain .___.

si abhi (bocah GILA) mengatakan...

bisa diblang begitu. tapi sbenarnya kalo enggak salah amin tuh enggak ada artinya. cuma pelafalan aja. ya sebagian mmg turun, tapi kebanyakan faktor teman yang salah

Si Kumis Biru mengatakan...

tarawihan di kampung saya parah...
izin repost gan..heheheee

Kanadanetworks mengatakan...

hahaha,, komen sehh di bicaraakn gak menarik ,, menarik tata cara sholtnya,,lihat tangannya ada yg di tengah pusat ada yg kesamping kiri dan ada tangannya di dada serta ada yg di bawah pusat,,, ayoo,,tu lebih menarik,. shop sahabt blog,, klu maau mengenal q,,kunjungi website q,, ya,,di http://www.komunitasbloggershss.org memberikan info dan media seputar dunia dan dan banua hss.dan ada hiburannya lo,, tv online puluhan tv ada dan lokal n mancenagara,,,beda bgt ma mivotv,, banding saja,, berkualitas mana,,,,

http://sampeweweh.blogspot.com/2012/03/sewa-ruang-kantor-jakarta-murah.html mengatakan...

wwkwkw amin memang sudah berbeda sekarang :p

travel umroh mengatakan...

hehehe ya itulah perbedaan bahasa kita dengan bahasa arab, terkadang sebuah kalimat negara arab dijadikan nama di tempat kita

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik mengatakan...

Aamin, amiin, amin mana yang benar?

Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik mengatakan...

Aamin, amiin, amin mana yang benar?

Payabo mengatakan...

Nampaknya fenomena tersebut tidak hanya terjadi di sekitar Anda... Di Makassar juga sama, tapi sudah banyak yang sadar...

Penyuluh Perikanan mengatakan...

amiiin ini yg jelas kalau dalam pandangan islam itu mendo'a, agar kebaikan ibadah kita dapat terkabul ....
terima kasih kawan, sukses daan maju terus

bocah kampoenk mengatakan...

semuanya bilang apa "Amin" ngakak gue heheh

(salam kenal sob, sekalian ijin follow)

Tips Trik SEO Bagi Blogger Pemula mengatakan...

AMIN!!

Posting Komentar